Bahaya Memakai Celana Ketat Bagi Pria & Wanita

Bahaya Celana Ketat Picu Kemandulan dan Gangguan pada Alat Vital

Pakaian merupakan salah satu hal terpenting bagi manusia untuk melindungi bagian tubuh dari penyakit dan mempercantik penampilan yang meliputi baju dan celana. Dengan berpenampilan menarik, seseorang akan menjadi pusat perhatian dan menjadi lebih percaya diri. Oleh karena itu banyak berbagai macam model pakaian yang menjadi trend di setiap kalangan, salah satunya trend pakaian ketat atau dikenal juga dengan legging. 

Celana ketat atau legging merupakan celana yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh dan press body. Celana jenis ini sekarang sudah menjadi trend di kalangan publik figur sampai masyarakat. Alasan menggunakan legging adalah lebih nyaman untuk dikenakan dan tidak dibuat ribet saat dibuat berjalan daripada menggunakan rok. Namun, jika lebih jeli lagi pemakaian celana ketat atau legging ini malah membuat penggunanya kesulitan saat mengenakan dan melepasnya. Selain itu, dapat berpotensi menimbulkan iritasi kulit dan bahkan sampai menimbulkan terjadinya kemandulan serta gangguan pada alat kelamin.


Bahaya Dampak Buruk Memakai Celana Ketat / Legging bagi Kesehatan

Kenapa bisa celana legging dapat menimbulkan kemandulan dan gangguan pada alat kelamin? Simak terus ulasan berikut ini tentang dampak yang didapat dari pemakaian celana legging bagi kesehatan. 


Bahaya memakai celana ketat bagi pria & wanita
Image Source: pixabay.com
  • Mengakibatkan Kemandulan dan Gangguan Organ Vital
Celana legging atau ketat sering banyak dipakai oleh para kaum hawa untuk menunjang penampilan dan memperlihatkan bentuk kaki yang ramping. Namun, penggunaan celana legging jangka waktu yang lama dan terlalu sering dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada organ reproduksi. Hal tersebut dapat terjadi karena tumbuhnya jamur di sekitar organ vital wanita yang dapat mempengaruhi produktivitas sel telur dan bisa menyebabkan kemandulan. Selain itu, dapat juga menimbulkan keputihan dan iritasi pada daerah organ intim wanita. Jadi, bagi para wanita alangkah baiknya jika menggunakan rok sebagai pakaian wajib agar terhindar dari resiko kemandulan. 


  • Menyebabkan Iritasi dan Jamur 
Penggunaan celana ketat  atau legging lebih baik untuk dihindari, apalagi di negara Indonesia yang memiliki iklim tropis. Hal ini dikarenakan penggunaan celana ketat dapat membuat kulit kesulitan bernafas dan disertai dengan keluarnya cairan berupa keringat yang begitu banyak. Nah, inilah yang akan mengakibatkan kulit kita lembab, sehingga mudah iritasi dan ditumbuhi jamur. 


  • Produksi Sperma Menurun
Tak hanya kaum hawa saja yang sering menggunakan celana ketat, namun bagi kaum pria tidak sedikit yang gemar menggunakannya. Apabila pemakaian celana ini dilakukan secara rutin dan berlangsung lama dapat mengakibatkan menurunnya produksi sperma pada pria. Hal tersebut dapat terjadi karena keringat tidak dapat keluar dan terjadi kelembaban di sekitar organ intim pria. Pada saat kondisi normal, seorang pria akan memproduksi sekitar 60 juta/mililiter, tapi apabila penggunaan celana ketat terlalu sering maka membuat produksi sperma turun menjadi 20 juta/mililiter. 


  • Menimbulkan Penyakit Paresthesia 
Paresthesia merupakan penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami kesemutan disertai rasa panas. Penyakit ini dapat disebabkan oleh penggunaan celana ketat yang membuat aliran darah tidak lancar, akibatnya akan terjadi kesemutan hingga mati rasa. Paha dan pinggul merupakan bagian yang sering mengalami penyakit ini. 

Nah, masih ingin menggunakan celana ketat atau legging untuk aktivitas sehari – hari? Jika masih, tolong berpikir dua kali untuk melakukannya. 


Jadi, celana ketat atau legging memang merupakan pakaian yang lagi ngetrend saat ini dan banyak digandrungi. Namun, perlu diperhatikan segi kenyamanan dan keamanan dari pakaian yang lagi ngetrend tersebut. Seharusnya kita tidak harus menelan mentah – mentah trend tersebut tanpa berfikir resiko yang dapat ditimbulkan di kemudian hari bagi kesehatan.  Jadi, pemilihan pakaian harus lebih mengutamakan segi kesehatan dan kenyamanan saat digunakan agar terhindar dari berbagai macam resiko kesehatan. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D