Manfaat Kayu Ular Papua bagi Kesehatan

Manfaat Kayu Ular Papua

Kayu ular? Mendengar nama tersebut pasti sudah berangan – angan bagaimana bentuknya, apakah seperti ular? Nah, kayu ular merupakan tanaman yang menyerupai tanaman jeruk dan hidup di daerah yang kering berbatu dan dekat dengan pantai. Tanaman ini memiliki bentuk cabang yang tidak beraturan, dari situlah mungkin dinamakan kayu ular. Kayu ular memiliki karakter kayu yang kuat dan keras serta dapat tumbuh hingga ketinggian 12 meter diatas permukaan tanah.

Tanaman yang semua bagiannya berasa pahit ini mempunyai nama latin Strychnos lucida.  Kayu ular memiliki kandungan zat saponin dan alkaloid yang terdapat di setiap bagian tumbuhan ini. selain itu terdapat pula kandungan antioksidan dan zat anti mikroba di bagian kayu dan bijinya. Sehingga kayu ular dapat digunakan sebagai tanaman obat alami yang mampu mengobati beberapa penyakit.


Manfaat Kayu Ular Papua
Khasiat Kayu Ular dari Timika, Papua

Khasiat Kayu Ular dari Timika, Papua

Zat saponin dalam kayu ular memiliki rasa yang pahit menusuk, sehingga dapat mengakibatkan bersin dan iritasi di daerah selaput lendir. Saponin sendiri memiliki sifat racun biasa disebut sapotoksin. Zat ini akan berbuih bila dicampur dengan air lalu dikocok. Sehingga dapat dijadikan racun ikan, namun racun ini tidak membahayakan bagi manusia hanya bereaksi terhadap hewan berdarah dingin. Nah, berikut ini adalah beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan kayu ular papua untuk kesehatan tubuh.

  • Diabetes

Zat saponin di dalam kayu ular dapat menurunkan kadar gula dalam darah yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes. Cara kerja dari zat tersebut adalah dengan menghambat pankreas untuk melepaskan enzim a-glikosidasa. 

  • Kanker

Di dalam saponin terdapat kandungan antioksidan dan anti mikroba yang dapat mencegah radikal bebas dan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

  • Obat anti radang, memperlancar buang air kecil, dan menurunkan panas

Kayu ular yang mengandung zat galat dan tanin di dalamnya dapat menurunkan panas, memperlancar buang air kecil dan sebagai obat anti radang.

  • Menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan vitalitas dan mengecerkan penggumpalan darah

Kandungan alkaloid di dalam kayu ular  memiliki sifat basa dan sudah banyak di gunakan dalam dunia pengobatan sebagai anti oksidan dan anti bakteri. Meskipun dapat beracun pada manusia, tetapi zat alkaloid tersebut dapat menjaga kekebalan tubuh, mengikatkan vitalitas, dan mengencerkan darah yang menggumpal.

Nah, itulah tadi beberapa penyakit yang dapat diatasi dengan menggunakan kayu ular. Berikut ini adalah bagaimana cara membuat ramuan dari kayu ular tersebut. Caranya, dengan merebus kayu ular tersebut dengan air sampai mendidih. Saring dan minum airnya selagi hangat. Bisa juga dengan memotong kayu ular kecil – kecil atau dalam bentuk serpihan, lalu seduh dengan air panas. Biarkan dan tunggu sampai hangat. Minum dan cara tersebut dapat diulangi kembali sampai rasa pahit dari kayu ular tersebut hilang.


Baca Juga :



So, mudah kan membuat ramuan dari kayu ular. Tetapi, sekarang banyaknya perburuan kayu ular mengakibatkan populasi nya semakin berkurang. Sehingga perlu kesadaran bersama untuk menjaga dan melestarikan tanaman yang berguna untuk kesehatan, karena sehat itu adalah hal yang paling berharga dan mahal harganya. Semoga artikel tentang manfaat kayu ular Papua bermanfaat !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D