Manfaat Daun Benalu Mangga bagi Kesehatan

Manfaat Daun Benalu Mangga

Benalu merupakan tumbuhan parasit yang menempel pada tumbuhan lain untuk menumpang hidup atau istilah kerennya simbiosis parasitisme.  Tanaman ini sering kita jumpai di pohon – pohon inangnya, seperti pohon mangga, jambu, teh, nangka, kedondong, dll. Pada bagian pohon yang di tempeli oleh benalu ini akan mengering dan mati.

Penyebaran benalu dilakukan oleh burung yang memakan bunga dan meninggalkan biji benalu tersebut di pohon lainnya. Karena biji benalu memilki sifat yang lengket, sehingga mudah untuk menempel di batang – batang pohon dan mudah sekali untuk hidup.

Tanaman yang kita anggap merusak dan negatif ini, ternyata tanpa kita sadari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, khasiat dari masing – masing benalu ini berbeda sehingga menjadikan tanaman ini unik. Kandungan dari benalu itu sendiri juga di tentukan oleh pohon yang ditempelinya.  Sehingga tidak semua jenis benalu dapat dijadikan obat dan banyak dicari, seperti benalu pada teh, benalu di pohon kopi dan benalu pada pohon mangga yang memiliki manfaat untuk mencegah kanker. Nah kali ini, kita akan membahas manfaat dari benalu mangga bagi kesehatan tubuh.

Khasiat Daun Benalu Mangga

Daun Benalu Mangga
Daun Benalu Mangga
Benalu mangga merupakan jenis benalu yang sering kita jumpai, karena keberadaan pohon mangga yang banyak di pekarangan rumah atau di kebun. Ternyata benalu mangga memiliki kandungan senyawa yang sangat penting bagi kesehatan, seperti senyawa tannin, rutin, antioksidan, dan flavonoid kuersetin. Senyawa flavonoid merupakan senyawa yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker, sedangkan senyawa antioksidan dapat menangkal adanya radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Ada beberapa penyakit yang dapat diobati dengan menggunakan daun benalu mangga. Berikut ini adalah beberapa contoh penyakit dan cara meracik ramuan dari daun mangga tersebut.

  • Gangguan Kelenjar Prostat, Nyeri Pinggang dan Buang Air Kecil Tidak Lancar
Caranya cukup mudah, pertama – tama cuci daun benalu mangga sebanyak 9 lembar sampai bersih. Kemudian rebus dengan 2 liter air hingga tersisa setengahnya, lalu saring dan biarkan supaya dingin. Minum air rebusan daun benalu mangga tersebut tiga kali sehari dari air rebusan yang sudah di bagi tiga. Namun, perbanyak juga minum air putih minimal 8 sampa 12 sehari agar mempercepat proses penyembuhan.

  • Gangguan Organ Usus, Tumor, Amandel, dan Kanker
Cara membuat ramuan dari daun benalu mangga yaitu dengan menghaluskan daun benalu yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sampai halus. Kemudian sedu seperti membuat kopi, lalu minum secara rutin. Dosis yang aman tidak lebih dari 10 gram, jadi jangan mengkonsumsi ramuan bubuk tadi lebih dari itu.
Perlu diperhatikan juga, saat merendam daun benalu dengan menggunakan wadah gerabah atau wadah dari tanah liat, supaya dapat menyerap racun yang ada di dalam daun benalu mengga tersebut. Sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak membahayakan. Nah, itulah tadi rangkuman mengenai manfaat dari benalu mangga bagi kesehatan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Thanks for reading!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D