Manfaat Bunga Lidah Mertua untuk Kesehatan dan Lingkungan

Manfaat Bunga Lidah Mertua

Di benak Anda pasti bertanya – tanya memangnya ada bunga lidah mertua? Saya jawab pastinya ada. Yaps, inilah bentuk dari kepintaran seorang manusia menamai sesuatu. Sesuai dengan bentuknya memang tidak salah jika dinamai lidah mertua. Bentuk tanaman ini yang seperti lidah panjang ke atas dan ada motif berbentuk totol – totol, tapi bukan lidah beneran loh, apalagi lidahnya mertua. Hehehe
Lidah mertua atau juga dikenal dengan sebutan Sanseveria merupakan tanaman yang biasa kita temukan di pekarangan rumah sebagai pagar hidup (di tempat saya sih begitu) atau sangat popular di kalangan pecinta tanaman hias. Selain keindahan, lidah mertua juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Loh kok bisa? Apa sih yang nggak bisa, lidah mertua juga memiliki keistimewaan yang luar biasa yaitu dapat menyerap bahan beracun misalnya polusi udara oleh asap rokok, karbondioksida, karbon monoksida dan jenis polutan yang dapat mencemari udara. Wah hebat banget bukan? So, sangat cocok ditanam sebagai hiasan rumah atau di letakkan dalam ruangan bagi Anda yang suka merokok untuk mengurangi polusi asap rokok di dalam rumah. Tapi perlu diperhatikan juga untuk mengeluarkan bunga ini di luar ruangan saat malam hari, karena setiap tanaman di malam hari tidak lagi menyerap karbondioksida dan sejenisnya namun sebaliknya akan menyerap oksigen.

Manfaat Bunga Lidah Mertua
Khasiat Bunga Lidah Mertua

Khasiat Bunga Lidah Mertua

Lidah mertua juga dapat mengatasi bau tidak sedap di sekitar kulkas Anda dan radiasi dari alat – alat elektronik, seperti televisi dan komputer. Caranya dengan menaruhnya di samping kulkas dan alat elektronik tersebut. Selain itu, ada juga manfaat dari bunga lidah mertua untuk mengatasi beberapa penyakit. Nah, berikut ini ulasannya.

  • Mengatasi Hipertensi / tekanan darah tinggi dan Radang
Caranya, siapkan akar bunga lidah mertua sebanyak 27 gram, lalu cuci sampai bersih. Kemudian rebus dengan tiga gelas air sampai di dapat satu gelas. Saring dan minum 2 kali sehari.

  • Mengobati Batuk, Influenza dan Kencing Manis / Diabetes
Caranya, ambil 25 gram lidah mertua, lalu cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Saring dan minum dua kali sehari.

Eits, Jangan lupa juga baca ini :

>>> Manfaat Bunga Cempaka
>>> Khasiat Bunga Kumis Kucing

Nah, itu tadi manfaat bunga lidah mertua bagi kesehatan dan juga sebagai bunga ikon anti polusi. So, segera tanam bunga lidah mertua di pekarangan atau simpan dalam ruangan sehingga dapat menjaga kesegaran udara di dalam rumah Anda. Saya hanya berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan jangan lupa untuk berolahraga.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D