Manfaat Air Rebusan Sari Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat Air Rebusan Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Kacang hijau merupakan jenis dari polong – polongan yang kadang sudah sehari – hari kita konsumsi. Kacang yang memiliki bentuk kecil ini mengandung banyak gizi yang baik bagi tubuh, terutama bagi ibu hamil. Yaps, bagi Anda yang sedang mengandung disarankan supaya mengkonsumsi kacang hijau. Karena ibu hamil sangat membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi untuk kesehatan calon sang buah hati nantinya. Namun, tidak juga harus mengkonsumsi kacang hijau secara berlebih, setidaknya ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi setiap harinya. 

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan janin, seperti asam folat yang berguna bagi bayi agar terhindar lahir dengan kondisi cacat. Selain itu, asam folat juga berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan saraf pada bayi sehingga dapat meningkatkan kecerdasan sang buah hati. Nah, perhatikan tabel kandungan apa saja yang terdapat di dalam 100 gram kacang hijau berikut ini :


Kandungan
Jumlah/100 gram
Protein
7 gram
Serat
7,6 gram
Karbohidrat
19 gram
Omega-3
0,9 mg
Omega -6
119 mg
Asam folat
159 µg
Thiamin
0,2 mg
Phosphorus
99 mg
Potassium,
266 mg
Magnesium
0,3 mg
Manganese
48 mg
Kalsium
27 mg
 Zat Besi
1,4 mg
Zinc
0,8 mg
Fitosterol
15 mg
Vitamin A
157 IU
Vitamin B1
0,72 mg
Vitamin B2
0,45 mg
Vitamin C
3,0 mg


Khasiat Air Rebusan Kacang Hijau


Dari tabel diatas, mungkin ada sekarang sedang berfikir apa saja manfaat bagi ibu hamil dari setiap kandungan gizi dan nutrisi pada kacang hijau tersebut. Dari setiap kandungan tersebut memiliki manfaat tersendiri bagi ibu hamil dan juga bayi yang dikandungnya. So, berikut ini beberapa manfaat dari kandungan kacang hijau yang bermanfaat bagi ibu hamil.

Manfaat air rebusan sari kacang hijau untuk ibu hamil
Image Source: pixabay.com
  • Karbohidrat

Pada saat masa kehamilan dan menyusui, seorang ibu mengalami peningkatan akan kebutuhan energy. Kacang hijau yang tinggi dengan karbohidrat merupakan pilihan yang baik. Zat pati yang ada di dalamnya akan dirubah menjadi energy, sehingga dapat mencukupi kebutuhan energy bagi ibu hamil dan menyusui.

  • Asam Folat

Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kacang hijau berguna untuk kesehatan janin supaya terhindar dari lahir cacat, seperti bibir sumbing, kelainan jantung, dan jenis kecacatan lainnya. Sehingga penting bagi Anda dan kesehatan janin untuk mengkonsumsi kacang hijau.

  • Protein

Di dalam kacang hijau memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dibanding protein yang terdapat pada telur, daging, dan ikan. Protein di dalamnya termasuk protein kompleks yang membentuk asam amino essensial dan non essensial, sehingga sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi kacang hijau. Fungsi dari protein bagi ibu hamil dan menyusui adalah untuk membentuk dan memperbaiki sel yang rusak, sehingga bagus dikonsumsi saat awal kehamilan. Selain itu, baik untuk pertumbuhan bayi dan dapat memperbaiki jaringan yang rusak sehabis melahirkan.

  • Mineral

Ada banyak jenis mineral di dalam kacang hijau, salah satunya kalsium dan zat besi. Kalsium berguna untuk membentuk tulang dan jaringan pada janin dan pada saat menyusui juga berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi bayi agar cepat tumbuh dewasa. Selain itu, menghindarkan dari pengeroposan tulang atau osteoporosis bagi ibu hamil. Sedangkan zat besi berguna bagi ibu hamil saat persalinan supaya terhindar dari pendarahan. Fungsi dari zat besi mebentuk hemoglobin yang membuat darah menjadi kental.

  • Vitamin

Kacang hijau memiliki kandungan vitamin A, B1, B2 dan C yang berguna untuk mencukupi kebutuhan vitamin saat masa kehamilan dan menyusui. Vitamin A berguna untuk ibu hamil agar terhindar dari bayi lahir premature dan bagus untuk kesehatan mata bayi yang didapat dari ASI. Sedangkan vitamin B1 dan B2 bagus untuk kesehatan ibu hamil dan bayi, supaya terhindar dari stress saat melahirkan serta membantu pembentukan dan pertumbuhan jaringan. Selain itu, kandungan vitamin C di dalam kacang hijau bermanfaat sebagai antioksidan dan meningkatkan kesuburan bagi ibu hamil.

Cara Membuat Sari Kacang Hijau


Selain manfaat dari kandungan diatas, masih bayak lagi manfaat dari kendungan kacang hijau yang lainnya, seperti serat, tiamin dan yang lainnya. Nah, Anda sudah mengetahui manfaat dari kendungan kacang hijau, tetapi bagaimana mendapatkan semua gizi dan nutrisi tersebut dan bagaimana cara membuatnya. Jangan kawatir, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, salah satunya dari air rebusan kacang hijau. Sekarang Anda pasti berfikir bagaimana cara membuatnya? Nah, berikut ini cara membuat air rebusan kacang hijau atau lebih dikenal dengan sari kacang hijau.

  • Bahan :

Kacang hijau 1 genggam
Air dua gelas

  • Cara membuat :

Pertama, cuci kacang hijau sampai bersih lalu tiriskan. Kemudian, masukan kacang hijau yang telah ditiriskan tadi dengan air ke dalam panci. Rebus dan aduk sesekali sampai airnya berubah menjadi merah. Angkat dan saring air rebusan tersebut. Minum air rebusan kacang hijau yang sudah disaring tadi saat dingin. So, mudah kan membuatnya, selain itu Anda juga bisa membuat bubur dari kacang hijau yang sama manfaat dan khasiatnya bagi ibu hamil.


Jadi, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi bagi ibu hamil supaya terhindar dari penyakit dan membuat tubuh menjadi sehat. Semoga artikel mengenai manfaat air rebusan kacang hijau bagi ibu hamil dan kesehatan tubuh ini bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D