Khasiat Kunyit / Kunir untuk Mengobati Penyakit

Manfaat Kunyit / kunir

Tanaman kunyit merupakan satu dari berbagai macam jenis rempah – rempah di Indonesia yang banyak tumbuh di sekitar kita. Pada umumnya kunyit digunakan sebagai bumbu masakan yang berkuah kuning, bahan pengawet, atau pewarna alami kuning pada makanan. Namun tidak manfaat itu saja, ternyata kunyit juga memiliki manfaat yang bagus bagi kesehatan.

Manfaat kunyit atau kunir bagi kesehatan antara lain dapat mengobati gatal – gatal karena ulat atau alergi, kejang – kejang, mengobati tifus. Selain itu kunyit juga dapat mengatasi hidung tersumbat. Nah, pasti Anda ingin mengetahui apa saja penyakit yang dapat diobati dengan kunyit dan cara meramu kunyit sebagai obat nya, berikut ini ulasannya :

  • Mengobati Tifus

Caranya, siapkan kunyit 3 rimpang, daun sambiloto 10 lembar, dan sere 5 batang. Kemudian tumbuk bahan – bahan tadi hingga halus dan tambahkan satu gelas air hangat. Saring dan minum airnya selama seminggu secara rutin.

  • Mencegah Diabetes

Di dalam tanaman kunyit terdapat kandungan zat kurkumin yang bisa membuat resistansi insulin berkurang. Oleh karena itu, kadar gula darah dapat terkontrol sehingga mencegah timbulnya penyakit diabetes.

  • Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit akibat kurangnya zat besi dalam darah. Untuk mengobati anemia salah satunya Anda dapat menggunakan kunyit yang dibuat jamu atau ramuan untuk mengobati anemia yang Anda derita. Hal tersebut dikarenakan kunyit memiliki kandungan zat besi di dalamnya.

  • Mencegah dan Mengatasi Panas Dalam

Jika Anda mengalami panas dalam dapat diobati dengan menggunakan kunyit, cara menggunakannya cukup mudah. Pertama – tama bersihkan kunyit dari kulitnya sebanyak satu siung saja, lalu cuci hinga bersih. Kemudian parut kunyit yang sudah dibersihkan tadi dan sedu parutan kunyit tadi dengan segelas air panas. Jangan lupa tambahkan gula merah. Minum saat sudah hangat.

Kunyit atau Kunir

  • Mengobati Luka

Kunyit memiliki kandungan anti bakteri dan anti septic di dalamnya yang berguna sebagai desinfektan. Sehingga mampu mengobati luka dan menyembuhkannya.

  • Mengobati Kanker

Dengan adanya kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit bermanfaat sebagai antioksidan, sehingga dapat menangkal adanya radikal bebas. Selain itu, dapat juga mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  • Mengobati Gatal - Gatal dan Penyakit Pada Kulit

Gatal – gatal atau penyakit kulit dapat di sebabkan oleh berbagai problem, seperti alergi atau kuman. Untuk mengobatinya Anda dapat menggunakan kunyit yang dicampur dengan biji cengkeh dan bunga melati yang dihaluskan. Kemudian balur pada bagian yang gatal – gatal seperti lulur. Selain itu khasiat kunyit juga dapat memutihkan dan mencerahkan kulit.


Jadi itulah tadi manfaat dari kunyit bagi kesehatan yang selama ini kita ketahui hanya sebagai bumbu penyedap masakan saja. Namun, ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D