Khasiat Bunga Rosella Kering bagi Kesehatan

Khasiat Bunga Rosella Kering

Rosela merupakan jenis bunga yang biasa kita lihat di pekarangan rumah yang mulanya hanya sebagai penghias rumah. Ada banyak jenis dari bunga rosella, ada rosella merah dan juga ada rosella ungu. Sekarang, bunga rosella sudah banyak dimanfaatkan untuk obat yang dapat mengobati berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh. Tumbuhan ini berasal dari Afrika, disana banyak dimanfaatkan sebagai teh yang diminum pada saat musim dingin atau suhu yang semakin menurun.

Sekarang sudah banyak olahan yang dibuat dari bunga rosella, salah satunya yakni teh bunga rosella. Teh ini terbuat dari bunga rosella yang dikeringkan terlebih dahulu dan sudah banyak beredar di pasaran. Saya sarankan untuk memilih teh bunga rosella yang baunya masih segar, karena antioksidan di dalamnya masih tinggi. Di Indonesia pada saat musim penghujan mungkin mengkonsumsi teh dari bunga rosella merupakan hal yang nikmat. Apalagi menikmati teh tersebut bersama orang yang tercinta. Yaps, minuman dari bunga rosella memang memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh. Ada banyak khasiat yang dapat kita peroleh, seperti cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes, mengobati batuk, menghilangkan efek dari mabuk atau bisa juga sebagai menu minuman program diet Anda dan masih banyak lagi khasiat dari bunga rosella.

Kandungan dan Manfaat Bunga Rosella Kering

Bunga dengan nama latin Hibiscus sabdariffa ini memiliki kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan vitamin D yang sangat tinggi. Selain itu, bunga rosella juga mengandung kalsium tinggi dibandingkan dengan satu gelas susu. Kemudian ada pula kandungan antioksidan dan asam amino yang mencapai 18 jenis di dalam bunga rosella. Jadi, manfaat dari bunga rosella sangat banyak bagi kesehatan tubuh dan untuk kecantikan. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat dari bunga rosella kering yang diseduh menjadi teh bunga rosella.


Khasiat Bunga Rosella Kering
Manfaat Bunga Rosella Kering

  • Mencegah hipertensi / tekanan darah tinggi
Bunga rosella yang di dalamnya terdapat kandungan zat besi, protein dan kalium serta vitamin berguna untuk menstabilkan tekanan darah. Jadi, dapat mencegah terkena hipertensi dan penyakit jantung.

  • Menurunkan kadar gula darah
Bagi Anda yang penderita diabetes, meminum secangkir teh bunga rosella dapat menurunkan kadar gula dalam darah. Perlu diperhatikan pula cara menyeduhnya tanpa menambahkan gula. Namun, bagi Anda yang memiliki penyakit maag tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi teh dari bunga rosella, karena rasanya yang asam serta tinggi dengan vitamin C dari pada jeruk.

  • Mencegah osteoporosis
Tingginya kandungan vitamin D, kalsium dan kalium pada bunga rosella dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis di usia tua dan menguatkan tulang di usia muda.

  • Menu diet
Bunga rosella mampu membuat tubuh menjadi langsing karena dapat menurunkan berat badan Anda. So, cocok untuk menu program diet Anda.

  • Mengencangkan kulit
Banyaknya jenis asam amino serta vitamin A dan C yang terdapat di dalam bunga rosella dapat membuat kulit menjadi kencang dan membantu proses peremajaan kulit Anda sehingga terlihat cantik dan sehat serta kencang.

  • Mengatasi ketergantungan
Bunga rosella mempunyai manfaat yang besar bagi penderita ketergantungan, seperti ketergantungan terhadap rokok, alkohol dan narkoba. Bunga rosella dapat mengurangi dampak negative yang ditimbulkan dan ketergantungan.

Wah, hebat banget kan bunga rosella bagi kesehatan tubuh kita. Pastinya Anda penasaran bagaimana cara mengolah dan membuat teh dari bunga rosella sendiri di rumah. Nah, berikut ini adalah cara membuat teh dari bunga rosella.
  • Pertama, ambil tiga sampai enam bunga rosella, lalu keringkan. Pastikan tidak terlalu kering dan juga tidak terlalu basah.
  • Kedua, masukan bunga rosella yang sudah kering ke dalam teko atau cangkir, kemudian sedu menggunakan air hangat, seperti Anda membuat teh pada umumnya.
  • Terakhir, saring dan minum teh bunga rosella dalam keadaan hangat. Cocok diminum saat cuaca sedang dingin.

Jangan lupa juga, untuk membaca artikel ini :

>>> Manfaat Bunga Sakura untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Kesehatan
>>> Khasiat Bunga Lidah Mertua bagi Kesehatan Tubuh dan Kebersihan Lingkungan


Mudah kan cara membuat teh dari bunga rosella dan bisa Anda praktekkan di rumah? Tapi, bagi Anda yang tidak ingin repot untuk mengeringkan bunga rosella, Anda bisa membeli di toko obat herbal terdekat yang sudah dalam bentuk kemasan praktis tinggal menyeduh saja. Semoga artikel mengenai khasiat bunga rosella kering ini bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D