Khasiat Bunga Matahari untuk Mengobati Penyakit

Khasiat Bunga Matahari bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan bunga matahari? Pasti Anda semua tau dengan bunga satu ini. Bunga matahari merupakan bunga yang biasa kita temukan di halaman rumah, apabila ditanam disitu dan termasuk ke dalam bunga hias. Bunga matahari memiliki nama ilmiah Helianthus annuus Linn.

Bunga matahari tidak hanya berguna sebagai tanaman hias, namun memiliki nilai ekonomi yang lumayan. Apabila Anda suka dengan cemilan kuaci, nah dari bunga matahari makanan tersebut berasal. Selain itu, bunga matahari sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Hampir semua bagian dari tanaman ini bisa digunakan sebagai obat. Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Bunga Matahari
 
Bunga Matahari
Bunga Matahari
  • Mengobati Disentri

Disentri merupakan penyakit diare akut yang biasa menyerang balita, apabila tidak langsung ditangani bisa mengakibatkan kematian. Cara mengobati disentri bisa menggunakan biji bunga matahari. Caranya, ambil biji bunga matahari sebanyak 30 gram, lalu tim selama 1 jam. Apabila sudah dingin tambahkan gula secukupnya dan minum airnya.

  • Mengobati Sakit Kepala

Sakit kepala bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti terlalu banyak memikirkan sesuatu, misalnya pekerjaan atau seseorang. Untuk mengobati sakit kepala Anda bisa menggunakan bunga matahari. Caranya, rebus bunga matahari sebanyak 30 gram bersama sebutir telur ayam jangan dipecah dengan 3 gelas air sampai tersisa setengah gelas. Saring dan minum airnya dua kali sehari.

  • Mengobati Rematik

Rematik biasa menyerang persendian pada orang yang sudah tua. Mengobati rematik dengan bahan alami, seperti bunga matahari merupakan salah satu cara yang patut Anda coba karena tidak menimbulkan efek samping. Caranya dengan merebus kepala bunga matahari satu tangkai saja sampai berubah seperti kanji. Setelah dingin, usapkan di daerah yang sakit seperti memakai salep.

  • Mengobati Infeksi Saluran Kencing

Caranya, ambil akar bunga matahari sebanyak 30 gram yang masih segar, lalu cuci bersih. Rebus akar bunga matahari tersebut hingga hampir mendidih, kemudian angkat. Saring dan minum air rebusan tadi selagi hangat.


Jadi, bunga matahari selain indah untuk dijadikan tanaman hias, ternyata juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit. Nah, itulah tadi pembahasan mengenai manfaat dari bunga matahari bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Artikel Lainnya :-D