Manfaat Daun Randu / Kapuk bagi Kesehatan

Manfaat daun randu masih begitu asing bagi banyak orang. Padahal daun ini bisa digunakan sebagai obat bermacam penyakit. Pohon Randu juga dikenal dengan sebutan pohon kapuk karena pohon ini memiliki buah yang dimanfaatkan sebagai isian bantal atau kasur. Randu adalah tanaman tropis yang berasal dari daratan bagian utara Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Karibia. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kawasan Asia, terutama di Indonesia lebih tepatnya pulau jawa. Oleh karena itu tanaman ini juga disebut sebagai kapuk jawa. Pohon randu tingginya bisa mencapai 60-70 meter dengan diameter batang mencapai 3 meter.

Selain buahnya yang dimanfaatkan sebagai isian bantal, ternyata daun randu juga mempunyai berbagai manfaat menguntungkan bagi manusia. Sayangnya kurangnya akan pengetahuan mengenai kegunaan dan manfaat menyebabkan daun tanaman ini biasa dipakai sebagai makan ternak saja. Helai daun randu  berbentuk langset dan tidak berbulu, panjangnya bisa mencapai 5 cm dengan daun majemuk 5-9 tangkai panjang. Daun randu berbau lemah, kelat dan terasa pahit.

Daunnya memiliki kandungan kimia seperti saponin, tlafonida, tannin zat hidrat arang, damar sehingga terasa pahit.

Manfaat Daun Randu
Khasiat Daun Randu

Khasiat Daun Randu

Apa saja khasiat dari daun randu ini ? Ini dia info selengkapnya :

  • Obat Kumur
Daun randu dapat dijadikan obat kumur dengan cara menyiapkan 2-10 gram daun segar yang sudah dicuci, lalu remas-remas daun tersebut ke dalam air sampai berubah mejadi lenir. Saring air remasan tadi dan gunakan untuk berkumur.

  • Mengobati sakit mata
Cuci bersih beberapa helai daunnya. Kemudian letakkan daun tersebut ke dalam baskom, tuangkan air bersih secukupnya. Selanjutnya remas-remas daun randu sampai airnya berubah menjadi berlendir. Saring air perasan tersebut lalu gunakan untuk membasuh mata. Caranya dengan mencelupkan mata ke dalam air sambil mengkedip-kedipkan mata di dalam air. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran pada mata.

  • Menghilangkan Bekas Luka
Ambil daun secukupnya kemudian cuci bersih. Gosokkan pada bekas luka berulang kali, sebelumnya basuh luka dengan air hangat. Terakhir basuh menggunakan sabun dan air bersih. Lakukan cara tersebut secara rutin setiap harinya sampai bekas luka memudar.

  • Menyuburkan rambut
Ambil 15 helai daun randu lalu rebus menggunakan air sampai mendidih. Setelah itu didinginkan dan sesudah dingin gunakanlah air rebusan tersebut sebelum keramas. Caranya basahi rambut dengan air rebusan, pijat-pijat kulit kepala dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilas dengan shampoo. Lakukan cara ini dua kali dalam satu minggu.




Semoga artikel mengenai manfaat daun randu untuk kesehatan dan obat alami ini berguna bagi Anda. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf jika ada kesalahan.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D