Khasiat Daun Jeruk Purut untuk Kesehatan Tubuh


Khasiat daun jeruk purut dipercaya mampu mengatasi aneka jenis gangguan kesehatan. Jeruk purut dengan nama latin Citrus hystrix, telah dikenal masyarakat sejak zaman dulu. Buahnya yang berukuran kecil yang hanya berdiameter 1 – 2 cm ini memiliki warna hijau tua dan berkerut. Daun jeruk purut biasanya digunakan oleh ibu-ibu rumah tangga sebagai pelengkap masakan sebagai penyedap aroma masakan. Jeruk purut yang berdaun khas membentuk angka 8 dan berwarna hijau tua ini juga sering disebut sebagai daun jeruk angka 8. Selain itu, bentuknya juga bervariasi, ada yang bulat dan ada pula yang lonjong. Pangkal daunnya ada yang tumpul dan bundar, ada pula yang cenderung meruncing. Panjang daunnya antara 8 cm hingga 15 cm, dan lebarnya hingga 6 cm. Permukaan daunnya halus dan licin.

 Kandungan Daun Jeruk Purut

Daun jeruk purut mengandung steroid triterpenoid, tannin, dan minyak atsiri. Minyak atsiri yang juga disebut sebagai Aetheric oil atau Eteris  inilah yang menjadikan daun ini berbau harum. Sementara itu minyak atsiri adalah salah satu komponen terbesar dari minyak nabati. Dengan wujudnya yang kental tetapi dapat dengan mudah menguap pada suhu ruangan, menjadikan komponen ini mudah pula menebarkan aroma yang khas sehingga minyak atsiri dijadikan sebagai dasar minyak wangi. Selain itu minyak atsiri juga bermanfaat bagi kesehatan, antara lain adalah sebagai antibiotic konvensional terhadap virus, bakteri, dan jamur, dapat juga dijadikan sebagai median relaksasi.

Khasiat Daun Jeruk Purut
Manfaat Daun Jeruk Purut

Manfaat Daun Jeruk Purut

Ada beberapa kegunaan yang bisa diperoleh dari daun ini. Daun jeruk purut dapat dimanfaatkan sebagai berikut:

  • Mengatasi kelelahan sesudah bekerja atau sehabis sakit berat

Anda bisa mengatasinya dengan cara membuat ramuan dengan merebus daun jeruk purut yang masih segar dengan tiga liter air. Rebus hingga mendidih dan biarkan mendidih selama 15 menit. Setelah itu campurkan dengan air dingin hingga air tersebut hangat-hangat kuku. Kemudian Anda dapat gunakan air tersebut untuk mandi.

  • Obat influenza

Untuk mengobati influenza, Anda dapat merebus kurang  lebih 25 lembar daun yang telah dipotong-potong dengan 2 gelas air dan biarkan hingga air tersisa setengah gelas. Setelah itu minumlah selagi hangat.



Itulah pembahasan mengenai khasiat daun jeruk purut bagi kesehatan dan mengobati penyakit. Semoga berguna dan menambah wawasan Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D