Khasiat Daun Kersen untuk Kesehatan

Khasiat daun kersen secara tradisional dipercaya mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan atau menyembuhkan penyakit. Kersen yang memiliki nama latin Muntingia calabura L merupakan pohon yang memiliki buah yang berukuran kecil dan berwarna merah cerah jika matang. Di Jakarta buah kersen biasa disebut sebagai ceri. Kalau di jawa ada yang menyebutnya buah keres.


Khasiat Daun Kersen
Manfaat Daun Kersen

Manfaat daun kersen

Selain buahnya, daunnya juga tak kalah hebat. Daun kersen dipercaya membantu mengatasi berbagai macam penyakit sebagai berikut.

  • Melindungi fungsi otot jantung

Melalui sebuah penelitian menyatakan bahwa daun kersen dapat melindungi fungsi otot jantung, yaitu dengan cara minum rebusan daunnya secara teratur.

  • Khasiat daun kersen untuk diabetes

Daun kersen atau daun talok diyakini bisa berkhasiat untuk menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes. Hal itu karena daun ini mengandung senyawa kimia saponin dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyekresi hormone insulin yang bekerja untuk metabolisme gula. Anda bisa membuat ramuan dengan cara mengambil 100 gram daun kersen, cuci hingga bersih, lalu rebus dengan satu liter air dan biarkan hingga airnya tersisa setengahnya. Minumlah dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

  • Anti hipertensi

Anda bisa membuat ramuan dengan cara, ambil daun kersen, cuci bersih, kemudian jemur hingga kering. Setelah kering, Anda bisa menggunakannya setiap hari sebagai pengganti minuman teh dengan cara menyeduhnya dengan air panas, lalu aduk-aduk hingga airnya berubah kemerahan seperti teh. Minumlah dua kali sehari masing-masing satu gelas.

  • Anti kolesterol

Untuk mencegah atau mengobati kolesterol, Anda bisa membuat ramuan dengan cara merebus segenggam daun kersen yang segar dengan 3 gelas air, biarkan sampai mendidih dan biarkan hingga airnya tersisa satu gelas. Lalu minum secara teratur tiga kali sehari.

  • Anti inflamasi

Dengan minum rebusan daun ini akan berkhasiat untuk mengurangi radang atau sebagai antiinflamasi dan juga bisa menurunkan panas demam.

  • Antiseptik

Daun kersen juga bermanfaat sebagai antiseptic karena mengandung senyawa saponin, tannin, dan flavonoid sehingga dapat membunuh mikroba bakteri, antara lain K.Rhizophil, C.Diptheriae, P.Vulgaris, S.Aureus, dan S.Epidemidis.

  • Antitumor

Kandungan senyawa flavonoid dalam daun kersen terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel-sel tumor, sehingga ramuan ini dapat digunakan sebagai anti tumor.

Demikianlah beberapa khasiat daun kersen bagi kesehatan dan mengobati penyakit. Ternyata tak hanya buahnya yang bermanfaat, daunnya juga tak kalah hebat,.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D