Manfaat Daun Asam Jawa untuk Obat

Manfaat daun asam jawa ternyata cukup banyak bila digunakan sebagai obat dan meningkatkan kesehatan, akan tetapi tak banyak orang yang tahu akan hal itu. Tanaman asam jawa memiliki nama ilmiah Tamarindusindica L, merupakan tanaman yang lazim kita jumpai di Indonesia. Pada umumnya tanaman  ini digunakan sebagai pembatas jalan raya karena bentuknya yang rindang dan pohonnya kokoh atau ulet.  Asam jawa sudah sejak dulu dikenal sebagai obat herbal penurun kadar kolesterol. Hal ini karena adanya kandungan kimia yang berlimpah di dalam daunnya berupa saponin, tanin dan flavonoid yang banyak.

Kandungan senyawa aktif flavonoid dan tanin yang ada di daun ini dipercaya dapat meluruhkan lemak dengan cara meningkatkan system metabolisme tubuh. Dengan adanya peningkatan metabolisme tubuh, proses pembakaran lemak semakin maksimal. Maka tidaklah heran kalau air rebusannya kerap digunakan sebagai pelengkap program diet terutama bagi kaum hawa.

Sebenarnya khasiat daun asam jawa cukup banyak bagi kesehatan, tapi jarang diketahui oleh orang banyak. Selain dapat membakar lemak jahat, ada beberapa penyakit yang dipercaya mampu untuk disembuhkan dengan olahan asam jawa.

Manfaat Daun Asam Jawa
Khasiat Daun Asam Jawa

Khasiat daun Asam Jawa

Inilah khasiat-khasiat yang bisa didapatkan apabila kita menggunakan asam jawa :

  • Obat asma

Siapkan 2 tangkai daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya.  Kemudian rebus kedua bahan tersebut menggunakan 1 liter air sampai mendidih. Kemudian silahkan Anda saring untuk diambil airnya saja. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah 2 kali sehari secara rutin sampai penyakit asma yang diderita benar – benar sembuh.

  • Mengobati batuk kering

Ambil beberapa helai daun dan ½ genggam daun saga. Kemudian rebus semua bahan tadi dengan 4 gelas air putih sampai mendidih hingga didapatkan sisa air 1 gelas saja, saring dan dinginkan. Agar hasilnya maksimal konsumsi 2 kali sehari secara rutin sampai batuk Anda hilang.

  • Mengobati rematik

Sediakan segenggam daun dan 2 sampai 3 biji asam jawa. Kemudian tumbuk halus bahan-bahan tersebut. Lalu kompreskan pada bagian yang sakit akibat rematik.

  • Penurun demam

Siapkan satu genggam daun dan adas pulawaras secukupnya. Selanjutnya rebus kedua bahan tersebut dengan setengah liter air sampai mendidih, lalu saring untuk diambil airnya saja dan dinginkan. Selanjutnya, minum air rebusan tersebut 2 kali sehari sampai suhu tubuh Anda normal.



Sebagai tambahan, sebaiknya ibu hamil tidak disarankan meminum ramuan tersebut. Demikianlah pembahasan mengenai manfaat daun asam jawa untuk obat dan meningkatkan kesehatan. Semoga bermanfaat !


Advertisement

Artikel Lainnya :-D