Manfaat Bunga Dahlia dan Khasiatnya bagi Kesehatan


Manfaat bunga dahlia dikenal menyimpan banyak khasiat, terutama terletak pada umbi tanaman ini. Dahlia merupakan bunga yang berasal dari Meksiko dan juga menjadi bunga terkenal disana. Dahlia termasuk dalam keluarga Asteraceae dan memiliki 30 spesies yang tersebar di dunia. Bunga asal Meksiko ini berbunga saat musim panas sampai musim gugur dan tergolong dalam tanaman perdu yang berumbi dengan sifatnya yang tahunan.

Kenapa dinamakan dahlia? Ternyata, nama dahlia disematkan pada bunga ini untuk menghormati ilmuwan ahli botani, Anders Dahl berkebangsaan Swedia sejak abad ke -1 8. Manfaat dari bunga ini selain untuk tanaman hias bagi industry bunga potong yang biasanya kita tanam di pot – pot depan rumah sebagai penghias halaman dengan warna yang mempesona dan cerah, ternyata tanaman dahlia juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan juga pangan.

Manfaat Bunga Dahlia
Khasiat Bunga Dahlia

Khasiat Umbi Bunga Dahlia

Umbi dari bunga memiliki kandungan inulin 3,8%. Inulin yang ada di dalam umbi dahlia diperkenalkan oleh Lukman Hakim, seorang Kepala dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI pada peringatan HUT Kebun Raya Cibodas ke 159 tahun pada 11 April 2011. Fungsi dari inulin ini sendiri adalah untuk mencegah terjadinya usus, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kelebihan kolesterol. Inulin yang terdapat pada umbi dahlia juga mempunyai manfaat sebagai prebiotik yang berguna sebagai substrat mikroflora yang sangat menguntungkan bagi usus kita. Inulin termasuk ke dalam komponen bahan pangan yang mempunyai kandungan serat tinggi yang memiliki sifat dapat larut dalam air dan tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi difermentasi oleh mikroflora di dalam usus besar.

Kegunaan dari umbi tanaman dahlia dalam bidang pangan dapat dijadikan susu instan bagi anak-anak ataupun dewasa sampai lanjut usia. Inulin yang terkandung dalam susu instan tersebut berguna untuk meningkatkan daya serap terhadap kalsium oleh tubuh yang dapat menunjang pertumbuhan tulang dan gigi anak-anak. Dan dapat meningkatkan penyerapan kalsium yang dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang pada orang dewasa dan lanjut usia. Selain dijadikan susu instan, inulin juga dapat dijadikan sebagai pengganti gula dan lemak di produk makanan rendah akan kalori dan juga sebagai bahan baku untuk membuat sirup fruktosa.


Tapi tunggu dulu, baca juga :

>>> Manfaat Bunga Bugenvil
>>> Khasiat Bunga Sakura untuk Kecantikan Kulit Wajah


Nah itulah infromasi mengenai khasiat dan manfaat bunga dahlia, tepatnya adalah pada umbi bunga dahlia. Semoga menambah wawasan Anda.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D