Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat air rebusan kulit manggis

Manggis, siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini dengan segudang manfaatnya. Buah manggis diyakini berasal dari kepulauan nusantara. Memiliki nama latin Garcinia mangostana L., tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian 7-25 meter.

Buah manggis kini telah menjadi trending topik karena manfaatnya yang sangat besar untuk kesehatan. Bentuk buahnya yang bulat, berwarna ungu pada bagian kulitnya dan putih pada bagian daging buahnya. Saat kita belah, kulit bagian dalamnya berwarna merah dan tebal. Nah, kulit inilah yang dijadikan obat berbagai macam penyakit.

Kulit buah manggis memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, terutama tannin, xanthone, asam fennolat, ataupun antosianin. Selain itu, kulit buah manggis juga mengandung 62,05% air, 0,71% protein, 35,61% karbohidrat, dan 0,63% lemak. Sekarang sudah banyak dikembangkan obat herbal dari kulit buah manggis, dalam bentuk kapsul atau diminum dalam bentuk teh. Selain kedua cara tersebut, kulit manggis juga ada yang direbus dan diminum sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, contohnya kanker, batu ginjal, diabetes, arthritis, penyakit jantung, Alzheimer dan penyakit - penyakit berbahaya lainnya.

Manfaat Air Rebusan Kulit Manggis
Air Rebusan Kulit Manggis

Khasiat Air Rebusan Kulit Manggis

Berikut ini adalah beberapa macam penyakit yang dapat dibantu diobati dengan menggunakan air rebusan kulit manggis :

  • Minuman Diet

Bentuk tubuh yang langsing seperti gitar spanyol adalah idaman setiap kaum hawa, program diet adalah solusinya.  Namun, tidak sedikit orang yang berusaha mati-matian untuk menurunkan berat badan, bahkan ada pula yang melakukannya secara ekstrim yang membahayakan. Hal tersebut tidak akan membentuk tubuh yang Anda idamkan melainkan malah menyiksa tubuh Anda sendiri. Solusi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi air rebusan kulit buah manggis. Kandungan senyawa xanthone yang terdapat pada buah manggis dapat meluruhkan lemak dalam tubuh dan merubah lemak tersebut menjadi energy. Jadi cocok untuk Anda yang ingin menjalankan program diet. Tetapi, harus dibarengi dengan olahraga dan pola makan yang baik, tidak makan makanan yang berlemak dan yang mengakibatkan kegemukan.

  • Asma

Penyakit asma merupakan penyakit karena gangguan di  saluran pernafasan dan sering muncul tak diduga. Kebanyakan para penderita asma sering menggunakan obat uap seperti oksigen kedua baginya. Namun, obat ini dapat menyebabkan ketergantungan dan hanya sebagai obat peringan saja, tidak dapat menyembuhkan secara total. Tetapi, jika Anda penderita asma ingin sembuh total, lakukanlah terapi dengan menggunakan air rebusan kulit manggis secara teratur dan rutin setiap hari. Sehingga penyakit asma yang Anda derita dapat sembuh sampai dengan pusatnya. Tapi harus diimbangi dengan olahraga yang rutin pula.

  • Kanker

Kandungan antioksidan dalam kulit manggis telah terbukti mampu menyembuhkan penderita kanker dan membunuh sel kanker yang menyebabkan tumbuhnya kanker dalam tubuh.

  • Memperbaiki sel yang rusak

Kandungan antioksidan yang terkandung di dalam kulit buah manggis berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan memperbaiki sel – sel yang telah mati, dengan mengkonsumsi air rebusan dari kulit manggis secara rutin.


Cara membuat air rebusan kulit manggis
  • Pertama, cuci 2 kulit manggis yang masih dalam keadaan segar.
  • Kemudian rebus kulit manggis tersebut sampai mendidih.
  • Saring dan air rebusan kulit manggis bisa Anda nikmati selagi hangat 2 kali sehari.



Demikianlah beberapa pembahasan mengenai manfaat air rebusan kulit manggis untuk kesehatan tubuh dan mengobati penyakit. Semoga menambah wawasan Anda !
Advertisement

Artikel Lainnya :-D