Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat Air Rebusan Daun Salam

Bagi para ibu – ibu rumah tangga yang suka masak pasti akrab dengan daun salam. Benar, daun salam merupakan salah satu rempah – rempah yang biasa digunakan sebagai penyedap masakan. Dikenal dengan nama latin Syzgium polyanthum, daun salam selain digunakan sebagai bumbu atau rempah – rempah  masakan di Indonesia, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pasti Anda tahu daun salam hanya sebagai penyedap masakan bukan? Nah, sekarang perlu Anda ketahui bahwa daun salam juga bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, seperti asam urat, diare, kencing manis, maag, tekanan darah tinggi dan kolesterol. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam daun salam itu sendiri.

Khasiat Air Rebusan Daun Salam

Daun salam memiliki kandungan vitamin A, vitamin B yang kompleks dan vitamin C yang cukup tinggi serta terdapat pula kalsium, zat besi, minyak atsiri, eugenol, sitral, flavonoida dan tannin. Nah, berikut ini ada beberapa penyakit dan cara mengatasinya dengan menggunakan air rebusan daun salam, cekidot!


Manfaat Air Rebusan Daun Salam
Khasiat Air Rebusan Daun Salam

  • Mengobati Diare dan Gangguan Pencernaan
Daun salam dipercaya dapat mengobati diare dan gangguan dalam system pencernaan. Adanya enzim di dalam daun salam yang membantu memperbaiki kerusakan pada system pencernaan. Apabila Anda mengalami hal tersebut, saya sarankan untuk mengkonsumsi air rebusan daun salam atau teh dari daun salam. Cara membuat ramuan tersebut cukup mudah, pertama – tama siapkan 15 gram daun salam, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus dengan satu gelas air selam lebih kurang 15 atau sampai mendidih. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan saring air rebusan daun salam tersebut. Minum dalam keadaan masih hangat atau bisa juga dalam keadaan dingin.

  • Mengobati Maag
Penyakit maag merupakan penyakit yang sering melanda orang yang sulit dan tidak teratur makan. Maag disebabkan oleh lambung yang mengalami peradangan atau luka sehingga mengakibatkan rasa sakit pada perut. Salah satu mengatasi penyakit ini adalah menggunakan daun salam sebanyak 16 – 20 lembar atau secukupnya yang telah dicuci bersih, kemudian rebus dengan ½ liter air dan gula merah secukupnya sampai mendidih. Saring dan minum air rebusan tadi dalam keadaan dingin secara rutin sampai maag yang Anda derita reda.

  • Mengatasi Asam Urat
Bagi Anda yang menderita penyakit asam urat, mengkonsumsi air rebusan daun salam dapat mengatasi penyakit asam urat  Anda dan cara membuat ramuannya cukup mudah. Caranya, cuci bersih daun salam 10 lembar, lalu rebus dengan 3 ½ gelas air sampai didapatkan satu gelas saja. Saring dan minum air ramuan tersebut selagi masih hangat.

  • Membantu Program Diet
Memiliki badan yang langsing dan proporsional merupakan dambaan setiap kaum hawa.  Sudah banyak cara yang ditempuh untuk mendapatkannya, sampai – sampai melakukan diet yang ketat. Namun, sudahkah Anda mencoba memasukkan daun salam ke dalam daftar menu diet Anda? Ya, daun salam dapat membantu program diet yang sedang Anda jalankan, karena di dalamnya terdapat kandungan enzim dan kaya akan serat sehingga membuat Anda tetap kenyang setiap saat. Cara membuatnya cukup mudah, pertama – tama siapkan daun salam sebanyak 30 lembar, lalu cuci sampai bersih. Selanjutnya rebus daun salam dengan 4 gelas air sampai didapat 2 gelas saja. Saring dan minum dalam keadaan dingin 2 gelas setiap hari sebelum tidur.

  • Mengatasi Batuk
Batuk merupakan penyakit yang bisa dikatakan dapat menyiksa si penderita. Hal ini dikarenakan adanya rasa sakit di tenggorokan yang sulit sekali hilang, apalagi batuk berdahak yang sulit sekali untuk keluar dan juga batuk kering yang dapat mengakibatkan si penderita muntah – muntah.  Nah, salah satu solusi untuk mengatasi itu semua adalah dengan menggunakan daun salam. Caranya, siapkan bahan – bahan yang terdiri dari 7 lembar daun salam yang kering, 3 sendok makan madu dan 1 buah jeruk nipis atau bisa juga menggunakan jeruk lemon. Kemudian, rebus daun salam yang sudah dicuci terlebih dahulu dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas saja. Saring dan tambahkan madu dan perasan jeruk nipis tadi, lalu minum dalam keadaan dingin sampai batuk Anda reda. Semoga batuk yang Anda derita segera sembuh.

  • Mengobati Hipertensi
Daun salam yang tinggi akan kandungan zat tannin dan flavonoida dapat mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi yang Anda derita. Cara mengolah ramuannya cukup mudah dengan merebus daun salam sebanyak 10 lembar yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa satu gelas. Saring dan minum air rebusan tersebut secara rutin setiap harinya.


Nah, banyak sekali kan manfaat dari air rebusan daun salam bagi tubuh kita. Tumbuhan yang sering kita kenal dan digunakan sebagai bumbu masakan sehari – hari, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Semoga artikel mengenai manfaat air rebusan daun salam ini bermanfaat!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D