Manfaat Kentang Rebus untuk Diet

Manfaat kentang rebus untuk diet

Kentang memiliki nama ilmiah Solanum tuberosum L. merupakan tumbuhan yang termasuk dalam suku Solanaceae.  Tumbuhan kentang mempunyai umbi batang yang bisa dikonsumsi, namanya disebut “kentang” juga. Di Eropa, umbi kentang ini sudah menjadi makanan pokok meskipun berasal dari kawasan Amerika Selatan.


Kandungan Gizi Kentang
Gambar : Kentang

Kandungan Gizi Kentang Rebus

Kentang memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan alami tersebut akan membantu tubuh dalam menjaga kesehatan apabila dikonsumsi. Berikut informasi mengenai kandungan gizinya :

  • Nutrisi

Apabila kentang seberat 300 gram direbus bersama dengan kulitnya tanpa dikupas terlebih dahulu, maka kentang tersebut memiliki kandungan 261 kalori, 0,3 gr lemak dan 5,6 gr protein. Akan tetapi apabila dikupas sebelum direbus, akan membuatnya kehilangan 0,5 gr protein. Namun, baik dikupas ataupun tidak kalori dan lemaknya tetap sama. Begitu pula dengan kandungan seratnya sebesar 5,4 gr ditambah 2,6 gr gula alami.

  • Vitamin

Kentang rebus mengandung banyak kandungan Vitamin B – kompleks. Vitamin ini dapat membantu pembentukan sel darah. Selain itu, vitamin B – kompleks juga membantu mengurai karbohidrat dan lemak dari makanan yang Anda konsumsi serta mampu mengurai energi dari protein. Satu buah kentang rebus yang berukuran sedang akan mencukupi setengah dari kebutuhan vitamin B-6 harian tubuh. Ditambah lagi asupan harian niacin dan thiamin sebesar 30 %. Kentang rebus juga memiliki kandungan vitamin C cukup banyak. Tapi bila kentang tersebut dikupas kulitnya terlebih dahulu sebelum direbus, vitamin C yang ada didalamnya akan menyusut sampai setengahnya.

  • Mineral

Kentang mengandung mineral seperti fosfor, potasium dan magnesium. Dengan adanya beberapa jenis mineral tersebut, akan membantu kesehatan untuk membangun jaringan saraf, fungsi otot dan kesehatan tulang. Kentang rebus berukuran besar yang dikonsumsi juga bisa mencukupi ¼ kebutuhan harian tubuh akan kalium. Kentang yang direbus tanpa dikupas juga bisa memenuhi kebutuhan harian magnesium dan fosfor sampai 20 %.

Khasiat & Manfaat Kentang Rebus untuk Diet

Dalam program diet, tentunya ada banyak cara yang dilakukan. Salah satu yang paling berperan adalah mengenai asupan makanan harian yang dikonsumsi. Jika kentang rebus digunakan sebagai asupan untuk diet, berikut ini manfaat kentang rebus untuk diet :

  • Menghilangkan Lemak

Kentang mampu membantu dalam program penurunan berat bedan. Hal ini karena kandungan dalam kentang mampu menyerap lemak, kemudian mengeluarkannya melalui kotoran.

  • Menahan Lapar

Kentang memiliki kandungan karbohidrat cukup tinggi. Hal ini tentu membuat seseorang yang menjalankan program diet akan mampu menahan rasa laparnya lebih lama. Untuk diet dengan kentang, sebaiknya kentang dipanggang / direbus saja. Hal ini akan membuat kandungan lemak tidak terlalu tinggi dibanding digoreng.

  • Memberikan Energi

Energi yang didapat dari mengonsumsi kentang akan membantu dalam program diet Anda. Energi yang didapat akan bisa digunakan untuk melakukan beberapa aktivitas olahraga.

  • Tidak Mudah Tergiur Makanan

Tak hanya menahan rasa lapar, tingginya kalori yang terdapat dalam kentang akan membuat Anda tidak mudah tergoda dengan makanan yang lain. Salah satu penyebabnya adalah pati atau daging kentang yang sudah dikonsumsi akan memenuhi perut.

  • Memudahkan Sistem Pencernaan

Tingginya kandungan serat dalam kentang akan membantu sistem pencernaan dalam prosesnya.

  • Tubuh Tetap Fit

Kandungan vitamin B6 dan vitamin C yang terdapat dalam kentang akan membantu tubuh Anda tetap segar dan fit. Karena selain karbohidrat, tubuh tetap membutuhkan vitamin.

  • Mengatasi Rasa Lapar

Kentang mengandung air yang cukup banyak. Hal ini akan membantu mengatasi rasa lapar Anda, sehingga program diet bisa berjalan lebih lancar.

Tips Diet dengan Menggunakan Kentang Rebus

Bagaimana menggunakan kentang untuk makanan diet ? Itu adalah pertanyaan yang bagus. Setelah mengetahui manfaat kentang rebus untuk diet, Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk diet dengan menggunakan kentang sebagai sumber asupan makanan.
  • Siapkan 3 kentang, kemudian rebus tanpa dikupas terlebih dahulu
  • Setelah direbus baru silahkan dikupas
  • Hancurkan kentang yang sudah direbus dan dikupas tadi menggunakan sendok makan sampai halus
  • Kemudian panggang / oven kentang tersebut dan ditambah jahe serta bawang putih (bertujuan untuk mengurangi lemak)
  • Setelah matang, Anda bisa menggunakannya sebagai menu diet Anda

Kentang Sehat Atau Tidak untuk Diet ?
Gambar : Beras dan Kentang

Apakah Kentang Sehat Digunakan Sebagai Makanan Pokok Pengganti Nasi Saat Diet ?

Jika Anda muncul pertanyaan seperti itu di benak Anda, mungkin tulisan ini akan membantu Anda. Karena sekarang banyak orang Indonesia yang mengganti makanan pokoknya dari nasi menjadi kentang.

Kentang memang memiliki banyak kandungan gizi seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Kami tambahkan lagi bahwa di dalam kentang juga mengandung phytonutrient. Kandungan ini akan menjadi antioksidan yang mampu mencegah radikal bebas. Jika dibandingkan dengan nasi, kandungan karbohidrat pada kentang lebih padat, tetap kandungan kalorinya lebih kecil. Satu kentang berukuran sedang saja sudah memiliki kandungan sekitar 150 kalori, sedangkan satu piring nasi mengandung sekitar 240 kalori. Wajar saja bila kentang sering dipilih sebagai menu diet alias makanan pokok pengganti nasi.

Namun bukan berarti dapat langsung kita simpulkan bahwa kentang akan lebih baik dibanding nasi. Menurut dokter ahli gizi bernama dr. Diani Adrina, SpGK, kentang justru mempunyai indeks glikemik yang lebih tinggi bila dibanding dengan nasi. Dua gram kentang rebus memiliki indeks glikemik 84, tapi nasi hanya memiliki indeks glikemik 64.

Mungkin ada yang belum tahu, ada apa dengan makanan yang memiliki glikemik yang tinggi. Penjelasannya, bahwa makanan yang memiliki glikemik tinggi akan menyebabkan beberapa masalah bagi kesehatan. Gangguan atau masalah tersebut diantaranya adalah akan meningkatkan resiko serangan jantung, diabetes, meningkatkan kadar gula dan menekan kolesterol baik.

Bagaimana Solusinya untuk Diet ? 

Solusinya adalah dengan mengonsuminya dengan batasan yang tepat alias secukupnya saja. Atau bisa dengan diselingi nasi, tidak kentang terus-terusan untuk makanan diet. Hindari juga kentang goreng, lebih baik gunakan kentang bakar/panggang atau kentang rebus. Dan biasakan tidak mengelupas kulitnya terlebih dahulu sebelum direbus / dipanggang. Disarankan juga untuk mengonsumsi kentang yang didampingi dengan sayuran sehat seperti brokoli.

Penting untuk diingat, jika seseorang penderita diabetes atau beresiko mengalami diabetes. Sebaiknya, tidak menggunakan kentang dalam menu harian dietnya. Sebenarnya ada alternatif makanan lain, yaitu ubi. Ubi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding dengan kentang.

Bisa disimpulkan mengenai pertanyaan, “Apakah Kentang Sehat Digunakan Sebagai Makanan Pokok Pengganti Nasi Saat Diet ?”. Jawabannya adalah kentang rebus baik, tapi batasilah asupannya. Dan tidak disarankan untuk penderita diabetes.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tulis mengenai manfaat kentang rebus untuk diet beserta informasi mengenai kandungan gizi kentang rebus perbandingannya dengan nasi. Semoga dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin informasi yang sudah kami kumpulkan dari berbagai sumber terpercaya ini. Sekaligus untuk menambah referensi dan pengetahuan Anda mengenai diet dan kentang rebus.  Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa berkomentar pada kolom komentar di bawah serta silahkan di share/bagikan ke sosial media Anda. Mohon maaf bila ada salah kata, dan terima kasih. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D