-->

Dosis Cotrimoxazole Syrup untuk Anak

Dosis Cotrimoxazole Syrup untuk Anak – Contrimoxazole merupakan obat yang bersifat bakterisid yang merupakan kombinasi antara Sulfametoksazol dan Trimetoprim dengan perbandingan 5:1. Kombinasi tersebut memiliki aktivitas bakterisid yang besar karena mempunyai kemampuan untuk menghambat dua tahap biosintesa asam nukleat dan protein yang bersifat esensial untuk mikroorganisme.

Dosis Cotrimoxazole Syrup untuk anak

Obat ini juga mempunyai spectrum aktivitas yang luas dan efektif terhadap bakteri garam-negatif dan bakteri garam-positif, seperti Vibrio cholera, Staphylococci, Pneumococci, Neisseria, Bordetella. Klebsiella, Shigella dan Streptococci. Selain itu, obat ini juga efektif terhadap bakteri yang resisten terhadap anti-bakteri lainnya, seperti berbagai strain Staphylococcus, E. coli, P. mirabilis, P. vulgaris, dan H. influenzae.

INDIKASI

Infeksi saluran kemih dan organ reproduksi yang disebabkan oleh E. coli, Enterobacter sp, Morganella morganii, Proteus mirabilis Klebsiella sp, dan Proteus vulgaris.
Otitis media akut yang disebabkan Streptococcus pneumonia dan H. influenzae.
Infeksi saluran pernafasan bagian atas dan bronchitis kronis yang disebabkan Streptococcus pneumonia dan H influenzae.
Enteritis yang disebabkan Shigella sonnei dan Shigella flexneri
Pneumonia yang disebabkan Pneumocystis carinii.
Diare yang disebabkan oleh bakteri E. coli.

DOSIS


  • Anak usia 6 – 12 tahun                        : 480 mg, 2 kali sehari.
  • Anak usia 6 bulan – 6 tahun               : 240 mg, 2 kali sehari.
  • Anak usia 6 minggu – 6 bulan            : 120 mg, 2 kali sehari.
  • Dewasa dan anak di atas 12 tahun   : 960 mg, 2 kali sehari

KONTRADIKSI
Pada penderita yang hipersensitif terhadap trimetoprim dan obat-obat golongan sulfonamida.penderita dengan gangguan fungsi hati yang parah, insufisiensi ginjal, wanita hamil, wanita menyusui, bayi prematur atau bayi berusia dibawah 2 bulan.

Efek Samping

Efek samping jarang terjadi pada umumnya ringan, seperti reaksi hipersensitif, ruam kulit, sakit kepala dan gangguan pencernaan misalnya mual, muntah dan diare.

Obat ini harus disimpan di tempat sejuk dan kering, terlindung dari cahaya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengkonsumsinya, pada penderita gangguan fungsi hati sebaiknya harus mengurangi dosisnya untuk mencegah terjadinya akumulasi obat. Ketika dikonsumsi dalam jangka panjang, sebaiknya dilakukan dengan memeriksakan darah secara periodik karena kemungkinan terjadi diskrasia darah. Selama pengobatan dianjurkan untuk lebih banyak minum air putih, minimal 1,5 liter setiap hari.

Sebelum diberikan untuk anak, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu informasi mengenai dosis Cotrimoxazole Syrup untuk anak dan orang dewasa dengan aturan minum yang tepat. (Baca juga: Aturan Minum Frutablend HWI yang Benar)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel