-->

Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan karena dengan mempunyai tubuh yang sehat dapat menjadi lebih bersemangat saat sedang menjalankan aktivitas. Zat besi merupakan salah satu jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, zat besi juga termasuk bagian dari semua sel yang terdapat di dalam tubuh yang mempunyai peranan yang penting, salah satunya adalah membantu membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan dapat membantu untuk memaksimalkan fungsi oksigen. Untuk mengetahui manfaat lainnya, mari simak informasi ini dengan seksama.

Manfaat zat besi

1.    Membawa Oksigen ke Seluruh Tubuh

Zat besi berperan untuk membantu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh sehingga dapat didistribusikan secara maksimal agar semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

2.    Membantu Pembentukan Hemoglobin

Manfaat selanjutnya adalah dapat membantu proses pembentukan hemoglobin karena mampu memberikan warna merah tua yang terdapat pada sel darah merah sehingga produksi hemoglobin akan meningkat dan dapat mencegah resiko terkena anemia.

3.    Mengatur Suhu Tubuh

Jenis mineral ini mampu menjadi salah satu pengatur suhu tubuh agar suhu badan dapat tetap terkontrol dengan baik. Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan fungsi dari otot karena oksigen yang disuplai dengan zat besi dapat disampaikan dengan maksimal.

4.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Zat besi berperan sebagai komponen penting dalam proses penyusunan enzim dan bahan-bahan lainnya sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5.    Membantu Sistem Syaraf

Jenis mineral ini juga turut berperan untuk membentuk beberapa neurotransmitter esensial, serotonin dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut berfungsi untuk mengolah dan mengirim sinyal syaraf agar dapat bekerja secara maksimal.

Mencukupi kebutuhan zat besi merupakan hal yang penting untuk dilakukan, karena apabila seseorang yang kekurangan zat besi akan menjadi lemas dan akan mengalami gangguan kesehatan lainnya. (Baca juga: Manfaat Kalsium bagi Kesehatan Tubuh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel