Manfaat Kalsium bagi Kesehatan Tubuh


Kalsium merupakan salah satu kandungan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada umumnya kalsium banyak ditumbuhi di dalam susu, kentang, kedelai dan rumput laut. Meskipun merupakan salah satu nutrisi penting bagi tubuh namun masih ada orang-orang yang hanya mementingkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin saja. Padahal, kalsium juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

manfaat kalsium

1.    Mencegah Tulang Keropos

Asupan kalsium yang cukup berguna untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang dan dapat menyehatkan tulang.

2.    Membantu Proses Pembekuan Darah

Mineral jenis ini juga dapat membantu proses pembekuan darah ketika salah satu bagian tubuh mengalami luka.

3.    Menurunkan Berat Badan

Beberapa studi telah membuktikan bahwa kalsium berperan penting dalam mengatur berat badan karena mempunyai sifat yang dapat menekan nafsu makan.

4.    Menguatkan Gigi

Jenis mineral ini juga mampu membantu menguatkan gigi dan menyehatkan gigi sehingga dapat terhindar dari permasalah gigi berlubang.

5.    Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalsium berguna untuk mengontrol tekanan darah dan dapat membantu proses pergerakan otot dan kerja syaraf sehingga jantung serta pembuluh darah dapat bekerja dengan baik.

6.     Menjaga Kesehatan Tulang

Fungsi utama kalsium yaitu dapat menjaga kesehatan tulang sehingga tulang dapat tumbuh sehat dan terhindar dari berbagai permasalahan tulang seperti osteoporosis dan lain sebagainya.

Meskipun kalsium diperlukan untuk tubuh, namun jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi lainnya agar tetap seimbang dan kesehatan tubuh tetap setabil. (Baca Juga: Manfaat Omega 3 pada Ikan Tuna bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D