-->

Kandungan Gizi dan Manfaat Terong Ungu

kandungan gizi terong
Terong adalah jenis sayuran golongan terung-terungan, sayuran ini mempunyai nama latin Solanum Melongena. Tanaman terong pada umumnya mempunyai tinggi mencapai 40 hingga 150 cm. Terdapat banyak jenis terong seperti terong ungu, terong hijau, dan terong kuning.

Terong merupakan sayuran yang dikonsumsi semua lapisan masyarakat kerena bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Terong biasanya diolah menjadi berbagai masakan rumahan seperti terong balado, tumis terong, hingga dikonsumsi sebagai lalapan.

Sayuran ini mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kandungan gizi terong dan manfaatnya.

Beberapa Kandungan Gizi Di Dalam Terong :

1. Vitamin

Di dalam terong terdapat banyak kandungan vitamin, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin D dan vitamin K.

2. Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu kandungan mineral yang terdapat di dalam terong. Zat besi berfungsi mencegah terjadinya anemia.

3. Antosianin

Kandungan antosianin adalah senyawa flavonoid yang berfungsi sebagai pelindung sel dari sinar ultra violet. Selain itu, antosianin juga berperan untuk mengobati penyakit jantung dan kanker.

4. Ellagic Acid

Ellagic Atic merupakan komponen fenolik yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah kerusakan gen dan mencegah terjadinya pengumpalan darah.

5. Phycocyanian

Kandungan phycocyanian yang terdapat di dalam terong merupakan protein komplek yang berfungsi untuk memproduksi sel darah putih dan merah, mencegah dan melawan sel kanker, menstimulasi kerja sel batang di dalam sumsum belakang dan dapat menyembuhkan pendarahan.  Selain itu, phycocyanian juga memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas.


Manfaat Terong Untuk Kesehatan :

1. Membantu Perkembangan Otak

Kandungan fitonutrien yang terdapat pada terong berfungsi untuk membantu perkembangan sel-sel di dalam otak serta dapat melindungi membran sel dari berbagai ancaman.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Terong berguna untuk mengurangi kolesterol berlebih yang terdapat di dalam pembuluh darah dan dinding arteri, hal tersebut bertujuan membuat aliran darah lebih lancar. Jika, aliran darah lebih lancar jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Elemen nasulin merupakan kandungan di dalam terong yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Terong mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan, mencegah sembelit dan menyehatkan organ pencernaan.

Terong mempunyai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, semoga informasi ini bermanfaat khususnya bagi orang yang gemar mengkonsumsi terong. (Baca Juga: Khasiat Jus Terong Belanda bagi Tubuh )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel