Manfaat Jus Terong Belanda bagi Ibu Hamil & Diet

Manfaat Jus Terong Belanda


Terong belanda sejatinya bukan berasal dari Negara Belanda, orang-orang menyebutnya dengan nama terong belanda karena sayuran atau buah ini pertama kali dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda. Tetapi sebenarnya, terong ini asli dari daerah Amazon (Amerika Latin). Jenis sayur ayau buah ini pertama kali dikembangkan di daerah Bogor, Jawa Barat yang mempunyai kondisi iklim yang cukup mendukung.

Tanaman terong belanda mempunyai ciri-ciri yang khas, yaitu memiliki bau seperti lembu kutub, memiliki panjang tangkai daun 7 hingga 10 meter, bunganya terdapat pada rangkaian kecil dari ketiak daun, memiliki diameter sekitar 1 cm, serta memiliki warna buah yang merah hingga biru muda.

Bahan alami ini mempunyai banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya adalah vitamin A, C, protein, air, lemak, serat, zat besi, magnesium, dan kalsium. Seperti terong pada umumnya, terong belanda juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan makanan. Tetapi juga dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan minuman seperti jus dan sirup.

Di atas telah dijelaskan mengenai informasi seputar terong belanda beserta kandungan gizi yang terdapat di dalamnya. Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai kegunaannya bagi kesehatan tubuh. 

Khasiat Minum / Mengkonsumsi Jus Terong Belanda untuk Kesehatan Tubuh


Manfaat Jus Terong BelandaApabila dijadikan jus, hasil pengolahan dari terong belanda menjadi jus yang nikmat, terlihst seperti jus tomat dengan warna kemerahan. Selain nikmat, jus ini juga mempunyai banyak khasiat. Cara membuatnya sama seperti membuat jus sayuran pada umumnya. Yakni bisa menggunakan blender.

Salah satu manfaat dari minuman ini yakni dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tubuh menjadi sehat karena kaya akan kandungan vitamin C. Minuman ini juga baik dikonsumsi sebagai minuman diet karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, rendah kalori dan rendah lemak.

Hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi jus terong belanda ini, untuk ibu hamil disarankan untuk mengonsultasikan terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi, sebab dikhawatirkan dapat terjadi terbenturnya kandungan jus terong belanda dengan kandungan obat kehamilan yang dikonsumsi. Selain itu, juga telah banyak beredarnya mitos dan desas-desus bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya karena dapat menganggu pertumbuhan janin dan dapat menyebabkan keguguran. Untuk kebenaran hal tersebut belum diketahui secara jelas. 

Semoga informasi mengenai manfaat jus terong belanda ini dapat digunakan sebagai sumber refrensi untuk menjaga pola hidup dan kebiasaan sehat sehari-hari. 
Advertisement

Artikel Lainnya :-D