-->

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang secara Alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang

Bau mulut adalah salah satu hal yang dapat mengurangi tingkat kepercayaan seseorang khususnya pada saat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain. Di dunia medis, bau mulut disebut dengan halitosis. Bau mulut biasanya disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang berada di dalam gigi, akibat gigi berlubang dan menurunnya kondisi kesehatan seseorang.


Tips Mengatasi Bau Mulut Karena Gigi Berlubang dengan Bahan Tradisional

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang. Berikut ini caranya:



  • Menjaga Kebersihan Mulut
Menjaga kebersihan mulut adalah hal yang terpenting agar bisa terhindar dari bau mulut akibat gigi yang berlubang. Kondisi dalam mulut yang tidak sehat mengakibatkan banyak bakteri dan kuman yang menempel pada gigi sehingga membuat gigi menjadi berlubang. Cara menjaga kebersihan mulut bisa dilakukan dengan mengosok gigi dua kali sehari, saat mengosok gigi sebaiknya dilakukan sesudah makan / sarapan di pagi hari dan pada saat sebelum tidur. Para ahli juga telah menyarankan untuk menggunakan obat kumur agar kuman dan bakteri di dalam mulut mati.

  • Konsumsi Buah dan Sayur
Di dalan mulut terdapat air liur. Air liur berfungsi sebagai pembunuh bakteri alami. Mengonsumsi buah dan sayur setiap hari mampu menambah produksi air liur, tapi sangat disarankan mengonsumsi sayur dan buah yang dapat menghilangkan bau mulut seperti mentimun dan apel.

  • Meminum Teh
Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Gigi Berlubang secara Alami
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/en/yell-scream-shout-mouth-open-311455/
Cara menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang juga dapat diatasi dengan meminum teh. Di dalam teh terdapat kandungan polifenol yang setara dengan antioksidan yang berfungsi untuk membunuh kuman dan bakteri di dalam mulut.

  • Konsumsi Bahan Herbal Alami
Menghilangkan bau mulut akibat gigi berlubang juga bisa dilakukan dengan cara mengonsumsi bahan-bahan herbal alami seperti cengkeh dan biji adas. Caranya cukup dikunyah setelah makan, hal itu akan membuat nafas menjadi segar.

  • Menghindari Mengonsumsi Alkohol dan Merokok
Mengonsumsi alkohol dan merokok dapat memicu pertumbuhan bakteri di dalam mulut dan dapat merusak gigi. Selain itu, mengonsumsi alkohol dan merokok akan mempengaruhi kesegaran nafas.

  • Mengonsumsi Banyak Air Putih
Mengonsumsi air putih, idealnya sekitar 6 hingga 8 gelas air setiap harinya. Air putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Jika membahas sistem metabolisme tubuh, tentunya akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Mulut merupakan salah satu organ pencernaan yang dimiliki oleh manusia, oleh karena itu mengonsumsi banyak air putih juga dapat membantu membersihkan bakteri dan kuman yang ada di dalam mulut.

  • Melakukan Pemeriksaan Secara Rutin
Melakukan pemeriksaan rutin dengan pergi ke dokter gigi secara berkala baiknya selalu dilakukan dalam jangka waktu 6 bulan sekali. Melakukan pemeriksaan tersebut juga berguna untuk membersihkan plak atau karang gigi. Karena plak atau karang gigi dapat menyebabkan gigi berlubang.


Terkadang menganggap hal-hal sepele dengan tidak menjaga kesehatan gigi dan mulut juga dapat berakibat fatal untuk kesehatan tubuh. Jagalah kesehatan sejak dini, karena kesehatan adalah sesuatu yang tak ternilai harganya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel