Obat Exsimer: Fungsi dan Efek Samping

Obat Exsimer: Fungsi dan Efek Samping – Eximer / Eksimer adalah jenis obat yang mempunyai kandungan utama berupa CPZ (Chorpromazine) yang berperan sebagai anti-psikotik. Eksimer merupakan obat yang tidak terdaftar di dalam MIMS (kitab daftar obat-obatan yang beredar resmi).

Pada dasar ini obat ini merupakan golongan anti-psikotik yang berfungsi untuk mengurangi gejala psikotik atau gangguan jiwa. Oleh karena itu, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai obat penenang. Orang yang mengkonsumsi obat ini secara sembarangan akan  dijerat dengan UU kesehatan dan UU Psikoterapi karena menyebabkan kecanduan.

Obat Eximer: Fungsi dan efek samping
Namun, apabila sudah terlanjur mengkonsumsi obat ini karena tidak tau mengenai efek samping yang ditimbulkan. Sebaiknya, segera hubungi dokter untuk berkonsultasi secara langsung agar mendapatkan penanganan terapi secara optimal dan maksimal.

Efek samping yang ditimbulkan, diantaranya adalah pusing, mual, muntah, penglihatan menjadi kabur, jantung berdetak lebih cepat, gemetar, rasa kantuk yang berlebihan dan lain sebagainya. Jika dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan akan menyebabkan kecanduan, keracunan, over dosis hingga kematian.

Oleh karena itu, jangan mencoba-coba untuk mengkonsumsi obat Exsimer / Eksimer apabila tanpa anjuran dari dokter atau tanpa resep dokter. Jika disalah gunakan oleh pemakainya, obat yang awalnya berguna untuk menyembuhkan justru akan menimbulkan dampak yang sebaliknya, yaitu dapat mempengaruhi kesehatan tubuh hingga kematian karena mempunyai sifat yang berbahaya.

Sebenarnya jika digunakan dengan tepat, obat ini berguna untuk mengatasi pasien yang menderita penyakit gangguan jiwa namun harus tetap disesuaikan dengan anjuran dosis yang disarankan oleh dokter. Penting juga untuk berkonsultasi atau bertanya dengan dokter  dan ahli farmasi, jika ingin mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu agar terhindar dari masalah-masalah yang tidak diinginkan sebelumnya.

Nah inilah, sekilas informasi mengenai  obat Exsimer: fungsi dan efek Samping. Semoga informasi ini bermanfaat sebagai refrensi harian sehat pembaca khususnya di bidang obat-obatan. Jika ingin mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas, tanyakan kepada ahlinya seperti dokter dan ahli farmasi. (Baca juga: Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Sembarangan)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D