Bahaya Terlalu Sering Mengkonsumsi Obat Sembarangan

Pada umumnya, seseorang yang terserang penyakit tentu akan segera dibatasi mulai dari mengkonsumsi pengobatan alternatif hingga mengkonsumsi obat-obatan. Namun, mengkonsumsi obat sembarangan baik obat yang dijual bebas hingga obat-obatan alami tanpa efek dokter mempunyai dampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Bahaya mengkonsumsi obat sembarangan
Para ahli juga telah menjelaskan bahwa mengkonsumsi obat secara sembarang akan membahayakan tubuh. Selain dapat membahayakan kesehatan, mengkonsumsi obat secara sembarangan juga dapat memicu berbagai penyakit lainnya.

1.    Merusak Organ Ginjal

Terlalu sering mengkonsumsi obat sembarangan tanpa resep dokter dapat memicu adanya kerusakan pada organ ginjal sehingga dapat menimbulkan penyakit gagal ginjal.

2.    Merusak Organ Hati

Organ hati mempunyai fungsi untuk menyaring racun yang masuk di dalam tubuh, jika mengkonsumsi obat sembarangan tentunya akan memberikan dampak negatif untuk organ hati yaitu kerusakan hati sehingga akan membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

3.    Menyebabkan Alergi

Bahaya selanjutnya adalah dapat menyebabkan alergi yang disebut dengan syok anafilaktif yang merupakan efek berbahaya karena dapat menurunkan tekanan darah, mempercepat denyut jantung, pingsan hingga dapat menyebabkan kematian.

4.    Membuat Bakteri Menjadi Kebal

Bakteri atau virus merupakan salah satu penyebab utama dari masalah kesehatan. Biasanya untuk mengatasinya orang yang terinfeksi bakteri atau virus akan mengatasinya dengan mengkonsumsi obat. Namun, akibat mengkonsumsi obat sembarangan akan membuat virus atau bakteri menjadi kebal sehingga dapat membahayakan kondisi kesehatan.

Sebaiknya ketika sedang sakit jangan sedikit-sedikit mengkonsumsi obat, karena bisa saja sakit yang dialami disebabkan karena kurang beristirahat. Untuk mengatasinya, lebih baik memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. (Baca juga: Pemakaian Obat yang Berakibat Vatal bagi Kesehatan)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D