Cara Menyembuhkan Hidung Mampet Sebelah Secara Alami

Cara Menyembuhkan Hidung Mampet Sebelah Secara Alami - Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh adanya gangguan pernapasan. Biasanya, penyumbatan terjadi pada sebelah hidung atau kedua hidung sehingga dapat membuat rasa yang tidak nyaman bagi penderitanya. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini diantaranya adalah flu, infeksi sinusitis, debu, iritasi hidung, alergi, polip, asap rokok, benda asing hingga penyakit tumor hidung. Inilah beberapa cara alami untuk mengatasinya.

Cara menyembuhkan hidung mampet sebelah secara alami

1.    Uap Air Panas

Uap air panas yang dihirup oleh hidung tersumbat berguna untuk meringankan peradangan dan dapat bernapas lebih dalam baik. Walaupun cara ini dapat mengurangi penyumbatan hidung, tetapi masih diperlukan untuk membuang lendir di dalam hidung. Cara melakukannya pun juga mudah, yaitu hanya menyiapkan air panas di dalam baskom, kemudian posisikan wajah tepat di atas baskom, lalu kepala di tutup dengan handuk agar uapnya tidak hilang kemana-mana.

2.    Kompres Hangat

Sediakan handuk kecil dan air hangat sesuai dengan kebutuhan, celupkan handuk ke dalam air hangat kemudian peras. Tempelkan handuk pada hidung secara memanjang ke pipi kanan dan kiri dalam keadaan berbaring dengan 1 bantal. Ulangilah cara tersebut setelah handuk menjadi dingin.

3.    Menghirup Inhaler atau Minyak Angin

Kedua bahan ini mempunyai kandungan kamper dan menthol yang mempunyai kemampuan untuk melancarkan hidung tersumbat. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yaitu dengan langsung menghirupnya dan bisa juga dengan mengoleskan tipis di bawah lubang hidung.

4.    Mengkonsumsi Makanan Pedas

Rasa pedas di dalam makanan dapat merangsang lendir untuk keluar dan dapat membuat lendir menjadi lebih encer ketika dikeluarkan. Hal ini tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mengatasi hidung tersumbat.

5.    Tidur Menggunakan 2 Batal

Kondisi penyakit ini sering kali menganggu pada saat beristirahat malam sehingga dapat membuat penderitanya sulit untuk tidur. Oleh karena itu, sebelum beranjak tidur sediakan 2 bantal untuk mendapatkan posisi tidur setengah menunduk agar pernapasan menjadi lancar.

6.    Steaming

Proses steaming yang dikenal sangat bagus untuk rambut, ternyata juga dapat memperlancar aliran pernapasan.

7.    Jangan Membuang Ingus Kuat-kuat

Membuang ingus kuat-kuat akan membuat lapisan hidung menjadi meradang. Hasilnya, penyumbatan akan menjadi semakin parah.

Inilah, sedikit informasi mengenai cara menyembuhkan hidung mampet sebelah secara alami. Agar mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini secara teratur. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Artikel Lainnya :-D