Apa Penyebab Mimisan dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mimisan merupakan gangguan pada hidung akibat dari pecahnya pembuluh darah pada selaput lendir, sehingga mengakibatkan pendarahan pada hidung atau keluar darah melewati hidung. Mimisan dapat dialami oleh setiap orang, mulai dari balita sampai orang dewasa. Dan banyak pula cara untuk mengatasi mimisan dengan caraalami. Contohnya dengan menggunakan daun sirih yang sejak dulu banyak digunakan untuk mengatasi mimisan. Namun, tahukah penyebab dari mimisan? Ketahui penyebab mimisan berikut ini.
Apa penyebab mimisan dan bagaimana cara mengatasinya?
Image Source: kesehatanpedia.com

  • Cuaca Dingin
Cuaca dingin ternyata dapat memicu terjadinya mimisan dan dialami oleh banyak orang, terutama pada seseorang yang alergi dingin. Untuk itu gunakan jaket tebal saat udara dingin dan pastikan untuk selalu menghangatkan tubuh.
  • Cuaca Panas
Selain cuaca dingin, cuaca panas juga berpotensi mengakibatkan mimisan. Sebab, terjadi penurunan kelembapan di hidung sehingga terjadi pengeringan pada sentrum, sehingga mengakibatkan iritasi dan akhirnya mengakibatkan pendarahan.
  • Kecelakaan
Yang dimasuk kecelakaan disini adalah keadaan dimana kita terbentur benda keras, terkena pukulan, atau mengalami insiden kecelakaan saat berkendara. Kenapa bisa terjadi mimisan? Sebab akibat kecelakaan bisa membuat pembuluh darah pada selaput lendir hidung pecah atau karena tulang rawan pada hidung patah. Sehingga mengakibatkan pendarahan pada hidung. Untuk itu, hindari perkelahian dan selalu waspada saat berjalan serta mengendarai kendaraan supaya terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan.
  • Tumor
Tumor pada rongga hidung juga dapat menimbulkan mimisan.  Tumor ini menyebabkan benjolan pada hidung sebesar biji nangka dan sering terjadi pada anak muda sampai dewasa. Benjolan ini berwarna merah keputihan, sehingga untuk mengatasinya perlu tindakan medis.
  • Demam Berdarah
Ketika mengalami demam berdarah akan lebih sering mengalami mimisan. Untuk itu, butuh perawatan medis lebih lanjut untuk menangani mimisan karena demam berdarah. Sebab, ketika mimisan pada saat mengalami penyakit demam berdarah menunjukan kondisi yang sangat berbahaya karena menunjukan stadium berat.

Untuk itu waspadai selalu saat sering mengalami mimisan, sebab mungkin saja dikarenakan oleh beberapa macam gangguan berat pada tubuh dan langsung bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih memadai. Semoga bermanfaat! Eits, tapi baca juga: Cara Mengobati Mimisan dengan Bahan Tradisional
Advertisement

Artikel Lainnya :-D