Faktor-faktor Penyebab Terlambatnya Datang Bulan

Datang bulan, menstruasi atau yang lebih dikenal dengan haid merupakan sebuah siklus alami yang dialami oleh setiap wanita usia reproduksi. Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari organ inti wanita akibat sel telur yang tidak dibuahi. Normalnya, setiap wanita pasti akan mengeluarkan darah haid setiap bulan selama beberapa kali.
 
Faktor-faktor penyebab terlambatnya datang bulan
Image Source: pixabay.com
Namun, pada kondisi tertentu terkadang haid datang terlambat sehingga dapat menimbulkan kecemasan karena tidak keluarnya darah haid dapat dijadikan sebagai salah satu tanda bahwa seorang wanita sedang mendapatkan kehamilan. Padahal ada beberapa faktor yang mengakibatkan haid datang terlambat.

1.    Kesalahan Ketika Menghitung Hari

Seringkali wanita salah menghitung tanggal menstruasi karena tidak semua wanita mempunyai siklus menstruasi yang sama. Normalnya, siklus menstruasi pada wanita akan berlangsung selama 25-35 hari.

2.    Olahraga yang Berlebihan

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga yang berlebihan juga akan mempengaruhi siklus menstruasi. Biasanya hal ini sering dialami oleh para atlet wanita jenis olahraga berat seperti atlet lari marathon dan angkat besi.

3.    Masalah Berat Badan

Keterlambatan datang bulan juga dapat disebabkan oleh adanya perubahan berat badan. Biasanya, hal ini sering terjadi pada wanita yang sedang melakukan program diet sehingga tubuhnya akan menyeimbangkan kondisi fisiknya sehingga siklus menstruasi menjadi terganggu.

4.    Perubahan Rutinitas

Perubahan rutinitas, seperti tinggal di kota atau daerah yang baru yang mempunyai kondisi iklim yang berbeda juga dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruasi dan akan sedikit mengalami keterlambatan.

5.    Stres

Emosi yang meningkat dan sering merasa stres akan berpengaruh buruk terhadap siklus menstruasi sehingga dapat mempengaruhi keterlambatannya.

6.    Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti endometrosis atau penyakit yang berhubungan dengan organ reproduksi wanita juga dapat berdampak pada masalah datang bulan yang terlambat.

7.    Mengkonsumsi Obat-obatan

Wanita yang terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu seperti pil Kb juga akan memberikan dampak buruk pada siklus menstruasi.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan siklus menstruasi menjadi terlambat, namun jika hal ini sering terjadi segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Baca juga: Perbedaan Darah Menstruasi dan Darah Awal Kehamilan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D