-->

Perbedaan Darah Menstruasi dan Darah Awal Kehamilan

Kebanyakan wanita mengatakan bahwa mereka belum mengetahui tentang perbedaan darah menstruasi dengan darah awal kehamilan. Untuk menjawab kebingungan tersebut, pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara membedakannya. Padahal untuk membedakannya merupakan hal yang mudah untuk dilakukan.
 
Perbedaan darah menstruasi dan darah awal kehamilanPendarahan tanda awal kehamilan ditandai oleh keluarnya darah atau flek setelah terjadinya pembuahan atau 3 minggu setelah siklus menstruasi berakhir. Darah pada awal kehamilan biasanya berwarna lebih gelap atau kecoklatan namun tidak mengalami rasa nyeri di bagian perut dan payudara sehingga berbeda dengan menstruasi

Apabila masih bingung untuk membedakannya, cobalah untuk melakukan tes kehamilan. Janganlah menunggu hingga tanggal perkiraan datangnya menstruasi untuk mendapatkan hasil yang akurat untuk melakukannya. Namun, jika tetap mendapatkan hasil tes negatif meskipun sudah benar-benar hamil, kemungkinan hal tersebut disebabkan oleh kadar hCG yang belum cukup umur untuk dideteksi oleh alat tes kehamilan.

Jika mendapatkan hasil tes positif dengan mengeluarkan banyak darah, janganlah merasa takut karena pendarahan selama trimester pertama cukup banyak terjadi yaitu sekitar 20 hingga 30 persen. Kondisi ini disebabkan oleh adanya perubahan pada uterus selama masa awal kehamilan termasuk peningkatan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan terjadinya flek atau pendarahan yang lumayan banyak untuk beberapa hari. Namun, bila pendarahan terus berlanjut, semakin bertambah yang disertai dengan sakit seperti kram atau nyeri pinggang segera periksakan diri ke dokter karena pendarahan dengan kondisi tersebut bisa saja merupakan tanda keguguran. 

Yang perlu diingat adalah bila pendarahan yang terjadi cukup membuat khawatir akan terjadinya keguguran maka ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (Baca juga: Penyebab Keguguran Pada Masa Kehamilan)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel