Tips Memilih Cokelat untuk Kesehatan Tubuh

Coklat merupakan salah satu jenis camilan yang banyak disukai oleh masyarakat pada semua kalangan baik anak-anak hingga orang dewasa. Selain mempunyai rasa yang enak, coklat juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun demikian, masih banyak orang yang belum mengetahui jenis cokelat yang baik untuk dikonsumsi padahal kesalahan ketika memilih cokelat akan berdampak pada kenaikan gula darah hingga obesitas.

Memilih cokelat

Sebelum dijelaskan mengenai cara memilih coklat, sebelumnya terlebih dahulu akan dijelaskan mengenai manfaat mengkonsumsi coklat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

1.    Meredakan Stres

Cokelat mempunyai wangi yang bersifat aromaterapi sehingga dapat membuat seseorang yang mengkonsumsinya merasa lebih tenang dan mampu menghilangkan rasa stres.

2.    Bermanfaat untuk Kecantikan

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, cokelat juga bermanfaat untuk kecantikan karena di dalamnya terdapat senyawa flavonoid yang bersifat antioksidan yang akan menangkal radikal bebas, melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, dan dapat meremajakan kulit.

Setelah mengetahui manfaat coklat, konsumen harus lebih selektif ketika memilihnya. Pastikan bahwa coklat yang dipilih atau yang dikonsumsi tidak menggunakan banyak bahan tambahan dalam proses pengolahannya karena cokelat yang banyak dijumpai di pasaran adalah cokelat yang mengandung pewarna, susu dan gula sehingga dapat mengurangi manfaatnya dan justru akan meningkatkan beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes, obesitas dan berbagai penyakit lainnya.

Jika ingin mendapatkan manfaat cokelat sebaiknya pilihlah dark chocolate, meskipun mempunyai rasa yang pahit tetapi cokelat jenis ini mempunyai lebih banyak kadar cokelat dan antioksidan. (Baca juga: Makanan yang Diperbolehkan Dikonsumsi bagi Penderita Typus )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D