Tips Memenuhi Nutrisi Saat Berpuasa

Memenuhi kebutuhan nutrisi merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap harinya agar tubuh tetap dalam keadaan yang fit. Tubuh memerlukan asupan nutrisi sebanyak 3-5 kali setiap harinya, tergantung dari seberapa banyak sering mengkonsumsi makanan. Mengingat bahwa sebentar lagi adalah bulan puasa yang wajib dijalankan oleh para umat muslim, sehingga penting untuk mengetahui tips memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa. 

Tips memenuhi nutrisi saat berpuasa
Image Source: pixabay.com
Ketika berpuasa, justru kebanyakan orang yang menjalankannya cenderung mengabaikan makanan yang sehat tetapi lebih memilih mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan. Padahal ketika berpuasa tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang, bukan hanya sekedar makanan yang mengenyangkan. Akibatnya tubuh akan menimbulkan berbagai masalah penyakit ketika berpuasa.

Ada beragam jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh ketika berpuasa, seperti yang mengandung serat tinggi, karbohidrat kompleks, mineral, protein, vitamin dan lain sebagainya. Nah, untuk informasi selengkapnya berikut ini akan dijelaskan mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat berpuasa.

1.    Sayur dan Buah-buahan

Ketika berpuasa tubuh membutuhkan asupan nutrisi berupa vitamin, terutama vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin tersebut berperan sebagai antioksidan untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit ketika berpuasa. Asupan kedua vitamin ini bisa dipenuhi dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ketika sahur serta pada saat berbuka puasa.

2.    Kurma

Saat menjalani ibadah puasa, tubuh memerlukan asupan karbohidrat dalam jumlah yang cukup karena karbohidrat berfungsi untuk mengisi ulang cadangan glikogen di dalam tubuh dan dapat memicu sekresi hormon insulin sehingga dapat mengoptimalkan kinerja otot-otot di dalam tubuh. Cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan mengkonsumsi tiga butir kurma saat berbuka puasa karena di dalamnya terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi.

3.    Susu, Telur dan Kedelai

Selanjutnya adalah memenuhi asupan protein yang diperlukan oleh tubuh yaitu dengan cara mengkonsumsi susu, telur dan kedelai. Hal tersebut disebabkan karena kandungan protein di dalam makanan tersebut berguna untuk memulihkan otot-otot setelah berpuasa.

Pilihlah menu makanan sehat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada saat berpuasa. Jika hanya mengkonsumsi makanan yang mengenyangkan dan makanan yang berlemak tinggi justru akan menganggu kesehatan tubuh. (Baca juga: Cara Mencegah Nafas Tidak Segar Saat Berpuasa)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D