-->

Penyebab, Gejala & Pengobatan Penyempitan Pembuluh Darah Jantung

Penyempitan pembuluh darah jantung atau Aterosklerosis merupakan penyakit yang muncul sebagai akibat dari pengendapan lemak pada pembuluh-pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya sumbatan, sehingga aliran darah menjadi tidak normal. Lemak yang menyumbat biasanya adalah kolesterol yang muncul akibat mengkonsumsi lemak jenuh yang berlebihan. Selain itu, lemak tersebut juga dapat muncul apabila terlalu banyak mengkonsumsi kalori dan gula.
 
Pengobatan penyempitan pembuluh darahDengan tersumbatnya pembuluh darah tentu dapat menggiring penderitanya pada penyakit yang lebih parah seperti stroke dan jantung koroner. Kedua penyakit tersebut merupakan salah satu penyebab kematian paling tinggi di negara Indonesia.

Untuk menyembuhkan penyakit ini, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan khusus seperti minuman kesehatan yang mengandung manggis dan sirsak. Selain itu, ada pula beberapa tanaman herbal yang dipercaya dapat mengatasi penyakit ini.

1.    Buah Mahkota Dewa

Di dalam buah tanaman ini terdapat kandungan antioksidan yang dapat mencegah pembentukan aterosklerosis dengan cara menghindari proses oksidasi pada kolesterol. Dengan demikian, lemak jahat tidak akan terbentuk dan tidak akan menyumbat pada pembuluh darah jantung.

2.    Bawang Putih

Bawang putih yang biasanya digunakan sebagai bahan utama masakan ternyata mampu mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah pada jantung karena di dalamnya terdapat zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau serta dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.

Penyempitan pembuluh darah jantung memang dianggap menjadi hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Pasalnya, penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami kesulitan dan rasa tidak nyaman akibat gejala yang dirasakan seperti otot menjadi nyeri, sesak nafas, jantung terus berdebar-debar, kelelahan dan sering pingsan.

Jika tidak dilakukan pengobatan dengan tepat dan cepat, tentunya penyempitan pembuluh jantung sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apabila merasakan gejala-gejala tersebut segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. (Baca juga: Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Lidah)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel