Cara Mencegah Nafas Tidak Segar Saat Berpuasa

Pada bulan ramadhan, para umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah berpuasa. Namun, kebiasaan ini dapat membuat nafas menjadi tidak segar, nafas tidak segar dapat berdampak pada bau mulut sehingga membuat orang yang mengalaminya menjadi kurang percaya diri.

Mencegah nafas tidak segar

Nafas yang tidak segar disebabkan oleh rendahnya produksi air liur ketika berpuasa sehingga dapat membuat mulut kering. Kurangnya produksi air liur dapat membuat kadar oksigen menjadi berkurang sehingga bakteri anaerob dapat berkembang di dalam mulut. Bakteri tersebut yang dapat mengubah sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi dan dapat memecah asam amino sehingga dapat menyebabkan nafas tidak segar selama berpuasa.



Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah nafas tidak segar selama berpuasa adalah sebagai berikut :

1.    Tidak Mengkonsumsi Makanan/Minuman Beraroma Tajam

Sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan atau minuman yang mempunyai aroma tajam dan menyengat ketika sahur, seperti bawang putih, durian, pete, dan jengkol.

2.    Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Manis dan Lengket di Gigi

Mengkonsumsi makanan yang manis dan lengket di gigi seperti dodol, caramel, es krim atau cokelat biasanya sulit untuk dibersihkan. Jika mulut kering dan bakteri anaerob berkembang, maka makanan ini akan diubah menjadi bau yang tidak sedap.

3.    Tidak Merokok

Ketika sahur dan berbuka puasa, sebaiknya jangan merokok karena kandungan nikotin di dalam rokok merupakan salah satu penyebab nafas tidak segar.

4.    Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Ketika sahur dan berbuka puasa, sebaiknya perbanyaklah untuk mengkonsumsi air putih. Cara ini berguna untuk menjaga kebersihan mulut dan mencegah terjadinya nafas tidak segar.

5.    Mengkonsumsi Buah dan Sayur yang Mengandung Banyak Serat

Konsumsilah buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak serat untuk membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang berada di sela-sela gigi ketika sahur.

6.    Melakukan Olahraga Ringan

Sebaiknya lakukan olahraga ringan secara teratur sekitar 60 menit sebelum atau setelah berbuka puasa. Hal ini berguna untuk membuang zat beracun di dalam tubuh penyebab nafas tidak sedap.

Selain dapat mencegah nafas yang tidak segar selama saat berpuasa, cara tersebut juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. (Baca Juga: Tips Sedergana untuk Mencegah Migrain)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D