Penyebab Telinga Sering Gatal dan Cara Mengatasinya

Telinga merupakan salah satu alat indera yang mempunyai peranan penting yaitu untuk mendengarkan dan menyampaikannya ke otak untuk diterjemahkan. Seringkali, seseorang mengalami rasa gatal pada bagian dalam telinga biasanya hal ini disebabkan karena akumulasi dari adanya kotoran di dalamnya. Namun, telinga gatal juga merupakan gejala awal terjadinya infeksi telinga. Oleh karena itu, untuk memastikannya sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu apa saja penyebab telinga menjadi sering terasa gatal.


1.    Kotoran Telinga

Penyebab telinga sering gatal dan cara mengatasinya
Image Source: pixabay.com
Kotoran telinga yang sudah mengering dapat membuat telinga menjadi gatal. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan meneteskan sedikit minyak zaitun agar kotoran tersebut menjadi lembut dan mudah untuk dibersihkan dengan obat khusus pembersih telinga.

2.    Infeksi Telinga

Infeksi telinga biasanya disebabkan karena air yang terperangkap di dalamnya, untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan menggunakan antiseptik dalam bentuk tetes.

3.    Kemasukan Serangga

Biasanya serangga yang mempunyai ukuran yang kecil dapat masuk ke dalam lubang telinga, untuk membersihkannya dapat dilakukan dengan menggunakan air hangat.

4.    Alergi

Selain dapat menyebabkan kulit menjadi gatal, alergi juga dapat menyebabkan telinga menjadi gatal sehingga perlu mengkonsumsi obat yang mengandung antihistamin dan menghindari penyebab alergi.

5.    Penggunaan Alat Bantu Pendengaran

Apabila memakai alat bantu pendengaran yang tidak tepat dengan posisi telinga maka dapat menyebabkan gatal pada telinga. Solusi untuk mengatasinya adalah dapat dilakukan dengan cara memasangnya dengan posisi yang tepat.

6.    Kebiasaan Membersihkan Telinga

Terlalu sering membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud dapat menyebabkan telinga menjadi gatal. Sebaiknya gantilah kebiasaan tersebut dengan membersihkan telinga dengan benar.

Walaupun rasa gatal pada telinga sering disepelehkan, namun hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan adanya gangguan pendengaran hingga masalah serius lainnya. (Baca juga: Cara Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D