Cara Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar

Telinga merupakan salah satu alat indra yang mempunyai peranan penting untuk kehidupan manusia, yang berperan sebagai indera pendengaran. Jika seseorang mempunyai gangguan telinga sejak lahir tentunya dia tidak dapat menangkap suara yang ada sehingga menjadi sulit untuk berbicara.
Cara menjaga kesehatan telinga dengan benar
Image Source: pixabay.com
Telinga mempunyai susunan dengan fungsi yang berbeda-beda, diantaranya seperti daun telinga yang berfungsi untuk mengarahkan suara pada lubang telinga dan melanjutkannya untuk dikirimkan ke otak sehingga otak dapat menangkap berbagai suara serta menerjemahkannya. 
Oleh karena itu, jangan mengabaikan kesehatan telinga karena sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya tanpa disadari ada beberapa aktivitas yang dapat menurunkan pendengaran seseorang, dengan demikian penting pula untuk mengetahui cara menjaga kesehatan telinga.


1.    Hindari Suara Bervolume Tinggi

Menghindari mendengarkan suara-suara bervolume tinggi seperti suara mesin traktor, suara musik dan lain sebagainya berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan gendang telinga.

2.    Hindari Kebiasaan yang Dapat Merusak Pendengaran

Untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya hindari kebiasaan yang dapat merusak pendengaran seperti menggunakan headset dengan volume tinggi dan lain sebagainya.

3.    Hindari Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dapat berpengaruh pada menurunnya tingkat pendengaran seseorang dari waktu ke waktu.

4.    Membersihkan Telinga Secara Berkala

Bersihkan telinga secara berkala untuk menghindari tumpukan kotoran yang dapat mengeras dan dapat menyumbat telinga. Kemudian, jangan membersihkan telinga terlalu dalam karena dikhawatirkan dapat merusak gendang telinga.

Bagi orang yang terpaksa harus berada di dalam ruangan yang mempunyai tingkat suara tinggi, sebaiknya gunakan penyumbat telinga untuk mengurangi kebisingan. Selain itu, perhatikan selalu kebersihan telinga dan alat indera lainnya. (Baca juga: Cara membersihkan telinga dengan benar)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D