Penyebab dan Gejala Penyakit Polio

Polio merupakan salah satu jenis penyakit yang harus diwaspadai karena penyakit ini dapat membuat penderitanya mengalami kelumpuhan. Penyakit ini disebabkan oleh virus polio yang dapat menginfeksi tubuh dan merupakan salah satu jenis penyakit yang menular. Virus polio merupakan virus yang tahan dengan alkohol, lisol, dan suhu dingin atau dalam keadaan beku. Namun, virus ini akan mati pada saat terkena larutan klor dan formaldehide.

Penyebab dan gejala penyakit polio Penyakit polio dapat menyebar lewat kontaminasi kotoran, terlebih lagi pada lingkungan dengan sistem pembuangan yang buruk. Penyakit ini juga dapat menyebar dari tinja penderitanya ke mulut orang sehat atau dari air liur penderitanya kepada orang yang sehat.

Virus polio yang masuk ke dalam tubuh akan mengalami masa inkubasi selama 5 hingga 35 hari kemudian akan berkembang pada saluran cerna bagian dalam atau dinding leher. Setelah itu, virus ini akan masuk ke dalam jaringan getah bening dan menyebar pada aliran darah kemudian akan masuk ke jaringan syaraf. Virus ini akan membuat pertumbuhan tubuh penderitanya menjadi tidak simetris.

Penyakit polio ditandai dengan adanya gejala seperti demam, muntah, merasa lemah dan nyeri  di bagian kepala. Kemudian, akan muncul gejala lainnya seperti merasa kaku pada bagian punggung dan leher, akan merasa cemas dan cepat mengantuk. Jika terjadi kelumpuhan, maka gejala-gejala tersebut biasanya dialami setelah penderitanya mengalami nyeri kepala.

Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memberikan imunisasi di usia balita. Pemberian imunisasi tersebut dapat membuat tubuh manusia menjadi kebal terhadap virus penyebab penyakit tersebut. Di samping itu, penting juga untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar. (Baca juga: Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D