Penyebab dan Gejala Penyakit Kanker Usus

Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam sistem yang berguna agar manusia dapat menjalani hidupnya dengan normal. Seluruh sistem tersebut, yang merupakan salah satu bagian terpenting adalah sistem pencernaan.

Sistem pencernaan berperan untuk menyerap makanan dan menyerap semua manfaat yang terdapat di dalam makanan yang sudah dikonsumsi. Organ yang berperan penting untuk mencerna dan menyerap sari makanan tersebut adalah usus, sehingga kesehatan usus dalam sistem pencernaan sangatlah penting. Namun, usus juga merupakan organ tubuh yang rawan untuk terkena penyakit seperti kanker usus.

Penyebab dan gejala kanker ususPenyakit kanker usus, dapat muncul akibat pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengkonsumsi makanan instan, makanan yang berlemak jahat, makanan yang mengandung kolesterol dan makanan yang rendah akan kandungan gizi di dalamnya, sehingga secara garis besar dapat disimpulkan bahwa munculnya penyakit ini disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Semakin banyak zat yang berbahaya masuk ke dalam tubuh, maka usus akan mengalami kesulitan untuk memprosesnya dan akan zat berbahaya tersebut akan terus mengendap sehingga usus tidak dapat mengatasinya.

Gejala umum yang sering dirasakan oleh penderita penyakit ini seperti rasa nyeri ketika akan buang air besar yang disebabkan karena adanya gesekan antara permukaan dinding usus yang ditumbuhi kanker sehingga juga akan disertai dengan keluarnya darah. Jika tidak segera diatasi, penderitanya tidak dapat buang air besar dalam waktu lama akibat jalur pengeluaran kotoran tertutup oleh sel kanker yang semakin membesar.

Ketika gejala tersebut sudah mulai dirasakan, biasanya akan disusul dengan adanya tanda-tanda lain seperti rasa nyeri pada bagian perut hingga pangkal dubur. Namun. Semua gejala penyakit ini memang sama persis dengan gejala ambeien atau wasir. Oleh karena itu, penting untuk memeriksakanya terlebih dahulu untuk mengetahui penyakit yang sebenarnya. Salah satu cara untuk mencegah penyakit ini yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat. (Baca juga: Gejala Kanker Usus Besar Stadium 4)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D