Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Keguguran

Hamil dan melahirkan merupakan kodrat bagi kaum hawa, meskipun demikan tak sedikit dari mereka yang mengalami keguguran selama mengalami tersebut. Keguguran merupakan mimpi buruk bagi mereka yang sedang menantikan kehadiran  sang buah hati. 
Sumber Gambar:
https://pixabay.com/id/operasi-rumah-sakit-tim-bedah-79584/

Namun, bila telah terjadi hal tersebut hal yang harus lebih diperhatikan adalah kesehatan.
Berbagai macam kondisi dapat menyebabkan keguguran, bahkan beban kesehatan yang didapatkan setelah mengalami keguguran bisa menjadi dua kali lipatnya. Oleh karena itu, wanita yang baru saja mengalami keguguran dianjurkan untuk melakukan beberapa hal seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.


1.    Beristirahat cukup untuk menghentikan pendarahan

Setelah mengalami keguguran sangat dianjurkan untuk beristirahat total selama 24 jam untuk menjaga tubuh setelah keguguran. Kemudian, jangan lupa untuk menggunakan pembalut dan minum obat untuk menghentikan pendarahan. Bila terjadi keparahan kondisi seperti suhu tubuh menjadi panas atau terjadi pendarahan secara terus menerus segera periksa ke dokter.

2.    Jangan berhubungan seks selama beberapa minggu

Jangan melakukan hubungan seks setidaknya dua minggu setelah keguguran. Hal tersebut berguna untuk membiarkan alat reproduksi untuk memperbaiki diri atau mengobati bila ada masalah tertentu yang segera ditangani. Tubuh juga akan memerlukan waktu untuk memperbaiki kekuatan yang terkuras selama menghadapi masa keguguran.

3.    Jangan banyak melakukan aktivitas berat

Keguguran dapat memberikan banyak tekanan pada tubuh dan pikiran. Sebaiknya, batasilah diri untuk tidak melakukan aktivitas seperti membawa beban berat karena hal tersebut mungkin dapat melemahkan fisik.

4.    Diet sehat

Keguguran mungkin bisa terjadi kerena kebiasaan mengkonsumsi makanan yang burut atau kurang mendapatkan nutrisi. Untuk mengetahui mengenai nutrisi yang dibutuhkan tubuh setelah keguguran atau untuk menguatkan kandungan pada kehamilan berikutnya bisa didapatkan dari berkonsultasi dengan dokter atau ahli diet.

Selain perawatan fisik, perawatan psikis juga harus didapatkan oleh wanita yang baru saja mengalami keguguran. Perawatan psikis bisa dilakukan oleh orang-orang disekitarnya untuk memberikan semangat agar tidak mengalami trauma untuk hamil lagi. (Baca juga: Gejala & Ciri-ciri Menopause Dini)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D