Penyebab Keguguran Pada Masa Kehamilan

Keguguran merupakan suatu masalah yang paling banyak ditakuti oleh wanita ketika hamil. Dalam dunia medis keguguran adalah aborsi spontan atau peristiwa dimana ibu kehilangan janin di dalam kandungan sebelum usia 20 minggu kehamilan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh March of Dimes, mengungkapkan bahwa terdapat 50% dari jumlah kehamilan di dunia berakhir dengan keguguran. 

Penyebab keguguran pada masa kehamilan
Image Source: pixabay.com
Dalam kasus keguguran tersebut diperkirakan sekitar 8 hingga 10 terjadi pada saat masa kehamilan memasuki usia tiga bulan pertama. Keguguran bisa disebabkan oleh banyak faktor, meskipun belum dapat diketahui secara pasti penyebabnya namun para ahli sudah memperkirakan bahwa adanya kasus keguguran disebabkan oleh keabnormalan pada susunan kromosom bayi sehingga membuat janin tidak bisa berkembang secara normal saat berada di dalam kandungan.  Selain itu ada beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya keguguran.
1.    Kelainan Rahim

Jika wanita mengalami kelainan rahim seperti adanya miom atau tumor jaringan otot, maka kondisi tersebut berbahaya pada pertumbuhan embrio. Kelainan tersebut juga dapat menyebabkan rahim menjadi sangat lemah sehingga tidak mampu menahan berat rahim yang sedang berkembang.

2.    Penyakit Jangka Panjang

Bila ibu hamil menderita penyakit kronis seperti sifilis, lupus, gangguan ginjal dan hipertensi dalam kondisi yang sudah parah maka akan berpotensi besar menimbulkan keguguran.

3.    Kelainan Gen

Kelainan gen merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan. Hal ini disebabkan karena setiap manusia mempunyai perbedaan gen, sehingga untuk memastikannya harus memeriksakan kandungan pada masa yang rawan yaitu sekitar tiga bulan ke atas.

4.    Perubahan Hormon

Keguguran dapat juga disebabkan oleh adanya perubahan hormon yang terjadi akibat fenomena alam seperti kondisi cuaca yang tidak menentu. Jika perubahan ini terjadi secara terus menerus, maka wanita mempunyai kemungkinan besar untuk mengalami keguguran.

5.    Kecemasan dan Ketegangan

Ibu hamil yang sering mengalami kecemasan dan ketegangan dapat menyebabkan terjadinya keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil harus menghindari kedua sifat tersebut.

Selain itu semua, keguguran juga dapat terjadi ketika ibu hamil mengalami masalah emosional. Oleh karena itu para ibu hamil tidak diperbolehkan untuk terlalu banyak berpikir tentang masalah yang memberatkan. (Baca juga: Perawatan yang Harus Dilakukan Setelah Keguguran)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D