Manfaat Vitamin B bagi Kesehatan Tubuh

Salah satu asupan vitamin yang harus dipertimbangkan ketika menjalankan program diet harian adalah vitamin B yang berguna untuk menambah jumlah energi, meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dan lain sebagainya. Ada berbagai macam jenis vitamin B yang terdiri dalam kelompok vitamin B kompleks, yang terdiri dari vitamin B1 hingga B7 dan vitamin B12. Namun semua jenis tersebut melakukan pekerjaan dengan tujuan yang sama, yaitu menjaga kesehatan tubuh agar tetap berada dalam kondisi badan yang sehat dan prima.
Sumber vitamin B bisa didapatkan dari sumber tumbuhan jenis organik, susu, produk susu, daging, buah-buahan dan lain sebagainya. Bagi seorang vegetarian yang sedang menjalankan program diet sehat, mereka banyak mendapatkan asupan vitamin B berasal dari tumbuh-tumbuhan dan sayur-sayuran organik yang mereka konsumsi. Sedangkan untuk orang yang non-vegetarian mereka mendapatkan asupan vitamin tersebut dengan mengkonsumsi susu yang mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi.

Manfaat vitamin B

Para ahli menganjurkan bagi para vegetarian untuk menjaga persediaan vitamin  B di dalam tubuh mereka. Hal tersebut disebabkan karena mereka merupakan termasuk dalam golongan orang-orang yang kurang dalam mencukupi kebutuhan vitamin B.

Kandungan vitamin B banyak ditemukan melimpah di dalam sayuran, buah-buahan segar, daging, kuning telur, kacang-kacangan, gandum, ikan  dan daging unggas. Kandungan vitamin B tersebut sebagian besar berfungsi untuk mempertahankan kinerja sistem syaraf, memecahkan lemak, menyehatkan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B juga mudah ditemukan di dalam makanan olahan yang tersimpan di dalam kemasan seperti sereal. Meskipun bukanlah pengganti yang nyata, tetapi pilihlah makanan dalam kemasan yang sehat agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Penting juga untuk memperhatikan cara mengolah bahan makanan segar yang bervitamin tinggi agar kandungannya tidak hilang ketika di masak. Pilihlah cara untuk memasak seperti membakar, mengkukus, atau merebus sebagai penganti proses menggoreng karena kandungan lemak dan kolesterol di dalam minyak yang digunakan dapat merubah kandungan nutrisi yang ada sebelumnya.(Baca juga: Manfaat vitamin E bagi Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D