Manfaat Vitamin E Bagi Kesehatan Tubuh

Vitamin E merupakan jenis vitamin yang mudah larut di dalam lemak dan termasuk dalam nama generik untuk tokoferol yang tersedia dalam empat bentuk berbeda. Pada saat ini vitamin E juga telah tersedia sebagai suplemen yang berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang tidak tercukupi oleh asupan makanan. Manfaat vitamin E di dalam tubuh sudah terbukti sangat vital untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan mata. Selain itu, vitamin ini juga mempunyai manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

Manfaat vitamin E
1.    Mengencerkan Darah

Vitamin E berguna untuk mengencerkan darah sehingga dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit serius seperti stroke, serangan jantung, pengerasan pembuluh darah dan hipertensi.

2.    Mengatasi Diabetes dan Komplikasinya

Vitamin ini dipercaya bermanfaat sebagai obat untuk mengatasi diabetes dan komplikasinya.

3.    Mencegah Kanker

Vitamin ini berguna untuk menegah kanker terutama kanker paru-paru, kanker mulut pada perokok, kanker pankreas, kanker lambung, kanker polip, dan kanker prostat. Di damping itu, juga berguna untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan dapat membantu mencegah kanker kulit akibat dari paparan radiasi ultraviolet.

4.    Penyakit Otak dan Sistem Syaraf

Vitamin E diyakini dapat mengobati dan mencegah terjadinya penyakit otak dan sistem syaraf seperti alzheimer, parkison, epilepsi, dan demensia yang bersamaan dengan bantuan obat-obatan lainnya.

5.    Melawan Efek Negatif Penggunaan Obat-obatan

Sebagai pengobatan medis vitamin ini digunakan untuk mengurangi efek samping penggunaan obat-obatan seperti rambut rontok, kerusakan paru-paru dan lain sebagainya.

6.    Mengatasi Masalah Kewanitaan

Secara spesifik, vitamin E bermanfaat untuk mengatasi masalah kewanitaan seperti mencegah komplikasi pada kehamilan karena tekanan darah tinggi, mengatasi sindrom pramenstruasi (PMS), mengatasi sindrom menopause, dan dapat mencegah terjadinya kista payudara.

Secara garis besar, vitamin E juga dikenal  bermanfaat bagi kesehatan kulit karena berfungsi untuk menghaluskan, mencerahkan serta mengencangkan kulit. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal konsumsilah makanan yang banyak mengandung sumber vitamin E. (Baca juga: Beberapa Gejala Tubuh yang Kekurangan Vitamin)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D