Manfaat Mengkonsumsi Daging Kepiting bagi Kesehatan

Kepiting merupakan salah satu sumber makanan yang disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kepiting merupakan sumber makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang begitu nikmat. Berdasarkan penelitian, kepiting yang mempunyai berat 100 gram diketahui bahwa bagian tubuhnya yang bisa dikonsumsi hanyalah sekitar 45%. Meskipun demikian, namun daging kepiting mempunyai kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat daging kepiting

1.    Meningkatkan Energi

Kandungan vitamin B12 di dalamnya mampu memacu peningkatan metabolisme asam lemak dan asam amino. Selain itu, kandungan proteinnya yang tinggi berguna untuk meningkatkan energi.

2.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam lemak omega-3, protein dan mineral selenium di dalamnya berkhasiat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3.    Mencerdaskan Otak

Asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam dagingnya mempunyai fungsi utama untuk mencerdaskan otak.

4.    Mempercepat Penyembuhan Luka

Kandungan mineral zinc, B12, dan protein di dalam dagingnya berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga terhindar dari anemia.

5.    Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung dapat dicegah dengan mengkonsumsi daging kepiting karena kandungan omega-3 di alamnya mampu menetralisir kadar kolesterol jahat di dalam darah.

6.    Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral tinggi di dalam kepiting seperti magnesium dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Meskipun mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, namun daging kepiting tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena adanya kandungan kolesterol tinggi di dalamnya. (Baca juga: Manfaat Daging Domba bagi Kesehatan Tubuh)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D