Manfaat Jus Wortel bagi Kesehatan Tubuh


Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang dikenal mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Selain diolah menjadi berbagai olahan makanan, wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk yang menyegarkan atau dibuat jus. Meminum jus wortel merupakan salah satu cara termudah untuk mendapatkan berbagai macam mineral dan vitamin penting dalam jumlah banyak.


1.    Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat larut di dalam wortel dapat membantu organ pencernaan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah gangguan pencernaan dan dapat menyehatkan organ-organ pencernaan.

2.    Meningkatkan Penglihatan

Kandungan betakaroten dan lutein di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan terutama pada malam hari.

3.    Mencegah Kanker

Manfaat jus wortel
Kandungan antioksidan jenis karotenoid dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara hingga sebesar 20% dan dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker rahim, prostat, kandung kemih, dan usus besar hingga mencapai 50%.

4.    Mengatur Gula Darah

Karotenoid tinggi di dalam wortel dapat menurunkan kadar gula yang berlebihan dan dapat mengatur kadar gula darah agar tetap stabil.

5.    Menyehatkan Paru-paru

Mengkonsumsi jus wortel sangat baik untuk mempromosikan kesehatan paru-paru karena dapat melindungi sistem pernapasan serta dapat membantu melawan efek samping buruk yang berhubungan dengan polusi udara dan kebiasaan merokok.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun wortel mempunyai kadar gula alami yang tinggi sehingga penderita diabetes dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. (Baca Juga: Manfaat Jus Bayam untuk Kesehatan Tubuh)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D