Cara Terapi Apel untuk Batu Empedu

Apel merupakan salah satu buah yang populer di kalangan masyarakat. Apel mempunyai rasa yang manis dan segar. Meskipun buah apel memiliki banyak warna tetapi buah yang satu ini sangat identik dengan warna merah. Buah apel juga dijadikan sebagai simbol brand Smartphone dari California yang terkenal yaitu Apple.

Apel memiliki beberapa kandungan nutrisi yang dominan kalium, selulosa dan pektin. Kalium merupakan kandungan mineral yang berfungsi untuk mengembalikan asupan cairan di dalam tubuh, mengatur tekanan darah, serta membantu proses pengiriman nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

terapi apel untuk batu empeduSementara itu selulosa merupakan kandungan berupa serat yang tidak larut di dalam air. Sedangkan pektin merupakan kandungan serat yang mudah larut di dalam air. Kedua kandungan serat tersebut berperan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Buah apel merupakan buah yang banyak ditemukan dipasaran, apel merupakan buah yang relatif murah bagi kalangan masyarakat menengah saja. Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata apel juga berguna untuk menyembuhkan penyakit batu empedu.

Penyakit batu empedu merupakan penyakit kronis yang disebabkan karena adanya kumpulan seperti kristal dan membentuk menjadi batu. Sehingga, penyakit ini dinamakan sebagai batu empedu karena di dalam kantong empedu atau pada saluran terdapat sekumpulan zat mengkristal menjadi batu. Penyakit batu empedu juga dapat memicu infeksi dan radang pada organ tubuh lainnya.

Gejala penyakit batu empedu sama dengan gejala penyakit maag. Sehingga para ahli medis cenderung lebih menyimpulkan jika pasiennya terkena penyakit maag, hal tersebut yang membuat para pasien tidak kembali untuk memeriksakan meskipun gejalanya tak kunjung membaik.

Meskipun dari segi gejala penyakit empedu sama dengan penyakit maag, kedua gejala penyakit tersebut juga masih mempunyai sedikit perbedaan. Gejala penyakit maag ditandai dengan adanya rasa nyeri yang muncul pelan-pelan sampai terasa sangat sakit. Berbeda dengan gejala penyakit batu empedu, karena gejala penyakit empedu ditandai dengan adanya rasa nyeri dengan intensitas tinggi yang terasa sangat sakit dan kemudian tiba-tiba hilang dengan sendirinya.

Biasanya, pola makan yang salah dengan terus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan kadar kolesterol dapat memicu terkena penyakit ini. Penyakit batu empedu juga sering terjadi pada orang-orang yang sering melakukan diet ketat.

Orang yang sudah terkena penyakit batu empedu cenderung memilih untuk melakukan operasi pengangkatan batu empedu. Tetapi pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengobatan alternatif dengan terapi apel. Terapi apel merupakan cara yang sehat dan mudah sekali untuk dilakukan. 

Berikut ini akan dijelaskan cara melakukan terapi apel untuk batu empedu :

1. Mengkonsumsi 4 hingga 5 buah apel tiap harinya dalam waktu lima hari. Mengkonsumsinya boleh dimakan secara langsung atau dengan dijus dan boleh mengkonsumsi jenis apel apa saja. Hal tersebut bertujuan untuk melunakkan batu empedu dan mengurangi iritasi akibat pengesekkan dengan organ lainnya.

2. Pada hari ke 6 jangan mengkonsumsi buah apel lagi. Selain itu juga disarankan untuk berhenti makan pada jam 5 sore. Karena pada jam 6 sore disarankan untuk mengkonsumsi magnesium sulfat (garam inggris). Campurkan 1 sdt garam inggris ke dalam air panas. Pada jam 8 malam juga dilanjutkan untuk mengkonsumsi garam inggris dengan cara yang sama. Garam inggris atau magnesium sulfat berfungsi untuk membuka pembuluh-pembuluh kantong empedu

3. Selanjutnya pada jam 10 malam, dilanjutkan dengan mengkonsumsi ½ gelas minyak zaitun murni. Minyak zaitun berfungsi untuk melumasi batu empedu agar cepat keluar tanpa menimbulkan iritasi pada organ lainnya.

5. Langkah yang terakhir adalah hanya menunggu keluarnya batu empedu melalui anus karena keluarnya agar bersamaan dengan fesses pada saat buang air besar.

Terapi apel untuk batu empedu merupakan cara alami yang aman untuk dilakukan karena tanpa menimbulkan efek samping. Jika batu empedu tidak kunjung keluar segeralah konsultasikan kepada dokter. (Baca Juga: Khasiat Makan Buah Apel Beserta dengan Kulitnya )
Advertisement

Artikel Lainnya :-D