Efek Samping Lidah Buaya bagi Kesehatan Tubuh

Lidah buaya atau yang dikenal dengan aloevera merupakan salah satu tanaman yang mempunyai banyak manfaat di bidang kesehatan dan kecantikan. Namun, siapa yang menyangka bahwa dibalik manfaatnya yang menakjubkan tersebut, ternyata lidah buaya mempunyai dampak negatif bagi kesehatan. Meskipun di dalamnya tidak ditemukan zat toksin atau racun, bukan berarti tanaman ini dapat dikonsumsi atau digunakan seenaknya saja karena jika tidak digunakan secara berlebihan akan memberikan efek negatif bagi kesehatan. 

Bahaya lidah buaya

1.    Menyebabkan Reaksi Alergi dan Diare

Beberapa orang yang mempunyai riwayat alergi tidak diperbolehkan untuk memanfaatkan atau mengkonsumsi lidah buaya karena dapat menimbulkan efek alergi dan dapat menimbulkan adanya iritasi kulit, munculnya rasa gatal-gatal, kram hingga dapat menyebabkan diare. Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah alergi pada lidah buaya atau tidak, yaitu dengan mengoleskan cairan lidah buaya pada telinga bagian belakang. Jika telinga terasa gatal dan perih, maka hal tersebut menandakan bahwa mengalami alergi lidah buaya.

2.    Tidak untuk Dimanfaatkan dalam Jangka Waktu Lama

Jika dikonsumsi dalam jangka panjang, tanaman ini dapat meningkatkan resiko terserang penyakit kanker kololektar.

3.    Berbahaya bagi Penderita Diabetes

Kandungan zat yang terdapat di dalam lidah buaya memang mempunyai kemampuan untuk menurunkan gula darah di dalam tubuh. Namun, hal ini akan berpengaruh pada keseimbangan kebutuhan gula darah yang semakin menurun padahal penderita diabetes harus tetap menjaga keseimbangan gula darah di dalam tubuh.

4.    Menyebabkan Kematian

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tanaman ini bisa menyebabkan terjadinya diare disertai darah yang cukup parah, menyebabkan kerusakan ginjal hingga dapat menyebabkan kematian.

5.    Tidak Dianjurkan untuk Ibu Hamil

Lidah buaya mempunyai kandungan zat kimia dalam jumlah besar yang akan dapat mempengaruhi pertumbuhan janin dan kesehatan ibunya. 

Agar tidak mendapatkan efek samping dari lidah buaya, sebaiknya jangan dimanfaatkan dan dikonsumsi secara berlebihan yaitu tidak lebih dari 1 gram setiap harinya. (Baca juga: Efek Buruk Mengkonsumsi Nasi Goreng bagi Kesehatan)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D