Efek Buruk Mengkonsumsi Nasi Goreng bagi Kesehatan


Nasi goreng merupakan salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat khususnya di daerah Asia karena orang-orang tersebut menyukai makanan dengan bumbu atau rempah dengan rasa yang kuat. Namun, dibalik rasanya yang nikmat ternyata makanan tidak sehat karena penggunaan minyak gorengnya. Hal ini dapat menjadi sebuah masalah terutama jika dikonsumsi secara terus-menerus oleh orang yang sudah mempunyai kadar kolesterol tinggi dan hipertensi.


1.    Obesitas

Selain menggunakan minyak sayur, mentega atau margarin untuk mengolahnya sebagai bahan wajib nasi goreng, biasanya juga menggunakan nasi putih, kecap, saus, kecap, telur dan lain sebagainya. Dengan begitu, nasi goreng merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalori tinggi sehingga dapat meningkatkan berat badan seseorang yang mengkonsumsinya dengan cepat.

Efek buruk mengkonsumsi nasi goreng
2.    Hipertensi

Pada umumnya nasi goreng banyak menggunakan garam untuk memperoleh rasa yang seimbang dengan penambahan gula dan kecap manis. Padahal terlalu banyak mengkonsumsi natrium atau garam dapat meningkatkan resiko terkena hipertensi.

3.    Jantung dan Stroke

Minyak sayur yang dipanaskan dalam suhu tinggi diketahui dapat terhirdrogenasi menjadi jenis lemak yang tidak sehat atau yang sering disebut dengan lemak trans. Lemak trans dapat menciptakan efek buruk bagi kesehatan yang berkaitan dengan penyakit jantung, diabetes, stroke dan kondisi kronis lainnya.

4.    Kanker

Sebuah hasil penelitian lembaga di Swedia mengungkapkan bahwa makanan yang banyak mengandung karbohidrat jika digoreng terbukti dapat merangsang pembentukan senyawa karsinogenik yang disebut akrilamida. Karsinogenik adalah senyawa bersifat racun yang dapat memicu pembentukan sel kanker.

Oleh karena itu para ahli menganjurkan agar tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang diproses dengan cara digoreng. (Baca Juga: Bahaya Akibat Sering Memanaskan Makanan dengan Microwave )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D