Bahaya Akibat Sering Memanaskan Makanan dengan Microwave

Di sela-sela kesibukan yang begitu tinggi dan karena alasan kepraktisan, kehadiran microwave memang menjadi solusi untuk memanaskan atau memasak makanan dengan lebih cepat karena cukup dengan menekan tombol, mengatur waktu dan menunggu beberapa saat makanan sudah siap untuk dikonsumsi. Namun dibalik kepraktisan tersebut, microwave memberikan efek samping apabila sering digunakan karena efek radiasi gelombangnya ketika proses pemanasan berlangsung.

bahaya sering memanaskan makanan dengan microwave
1.    Memunculkan zat karsinogen

Bahaya yang paling fatal dari penggunaan microwave untuk memanaskan makanan adalah munculnya senyawa karsinogen pada makanan. Zat karsinogen merupakan zat berbahaya yang menjadi salah satu penyebab tumbuhnya sel kanker. 

2.    Menghancurkan nutrisi makanan

Sebanyak apapun nutrisi yang terkandung dalam suatu makanan, semua nutrisi tersebut akan hilang seketika jika kamu memanaskan atau memasaknya dengan microwave. Hal ini disebabkan karena gelombang radiasi yang dipancarkan oleh microwave saat proses pemanasan akan mengubah struktur molekul dalam makanan, sehingga kandungan gizi dan nutrisi di dalamnya akan berkurang bahkan akan hilang.

3.    Melenyapkan kandungan nutrisi dalam ASI

Memanaskan ASI dengan microwave justru akan merusak molekul-molekul nutrisi yang terkandung di dalamnya, bahkan dapat memunculkan bakteri-bakteri yang bisa membahayakan buah hati. 

4.    Mengubah pola denyut jantung

Jika sering mengkonsumsi makanan yang dipanaskan dengan microwave akan membuat detak jantung menjadi tidak beraturan. Radiasi gelombang dari microwave akan berdampak langsung pada tubuh, termasuk juga jantung. 

5.    Mengubah komposisi darah

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Hans Swiss Hertel menemukan bahwa perubahan komposisi darah akan terjadi pada orang yang mengkonsumsi makanan yang dipanaskan atau dimasak dengan microwave. Hal tersebut disebabkan karena jumlah sel darah merah orang akan menurun, sedangkan jumlah sel darah putih dan kadar kolesterolnya akan naik hingga diluar batas normal. 

Setelah mengetahui bahayanya, sebaiknya hindari pemakaian microwave secara berlebihan agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan. (Baca Juga:Bahaya Makan Malam Terlalu Larut / Sebelum Tidur )

Advertisement

Artikel Lainnya :-D