Cara Merawat Gigi Berlubang dengan Benar

Memperhatikan kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang harus patut dijaga untuk menghindari berbagai masalah seperti gigi berlubang. Namun, bagaimana jika gigi sudah terlanjur berlubang? Pada dasarnya kondisi gigi yang seperti itu memang tidak dapat kembali ke bentuk semula, tetapi masih memerlukan perawatan dari dokter gigi seperti terapi florida, ditambal maupun dicabut. Selain itu, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk merawat gigi berlubang.
Merawat gigi berlubang
 
1.    Mengatur Pola Makan

Asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya juga dapat mempengaruhi gigi berlubang sehingga sangat penting untuk mengkonsumsi makanan atau minuman yang mempunyai banyak kandungan kalsium dan vitamin.

2.    Kurangi Konsumsi Asam Fitat

Asam fitat adalah bentuk utama dari fosfor yang terdapat di dalam tanaman. Kandungan ini biasanya banyak ditemukan di dalam tanaman jenis polong-polongan, padi-padian, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Jenis tanaman tersebut memang baik bagi kesehatan tubuh namun mempunyai efek nagatif bagi kesehatan tulang dan gigi.

3.    Remineralisasi

Remineralisasi merupakan tindakan yang penting dilakukan terhadap gigi berlubang. Tindakan ini dapat membantu gigi yang rusak untuk memperbaiki dirinya sendiri yaitu dengan menggunakan pasta gigi yang dikombinasikan dengan obat kumur yang mempunyai kandungan florida.

Selain melakukan cara-cara tersebut, ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk melakukan pencegahan yaitu dengan menggosok gigi minimal 2 kali dalam sehari, terutama pada saat sebelum tidur. Kemudian, gunakan benang untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan yang dapat menghasilkan zat asam penyebab kerusakan pada gigi. Gunakan pula obat kumur setelah menggosok gigi, jangan lupa mengkonsultasikan dengan dokter apabila merasakan gejala rasa sakit pada gigi karena mencegah lebih baik daripada mengobati. (Baca juga: Penyebab Gigi berlubang dan Cara Mengatasinya secara Alami)

Advertisement

Artikel Lainnya :-D