Penyebab Gigi berlubang dan Cara Mengatasinya secara Alami

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Gigi merupakan salah satu aset tubuh yang sangat penting untuk digunakan sebagai alat mengunyah makanan. Tanpa gigi mungkin makanan akan tertelan begitu saja dan dapat memperberat proses pencernaan. Merawat gigi menjadi hal yang penting, cukup dengan menggosok gigi dua kali sehari sangat bagus bagi kesehatan gigi. Namun, apa jadinya apabila gigi tidak dirawat dan dijaga kesehatannya setiap hari?

Gigi yang tidak dirawat biasanya akan menimbulkan plak gigi yang semakin lama berubah menjadi karang gigi, bisa juga mengalami sakit gigi, banyak sisa makanan di sela – sela gigi dan bisa mengakibatkan gigi berlubang. Nah, gigi  berlubang inilah yang sering di alami seseorang. Penderita akan lebih beresiko terkena sakit gigi akibat dari gigi berlubang, karena terlalu sensitif terhadap makanan dingin dan suhu rendah. Selain itu gigi berlubang dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini. 

Penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya secara alami
Image Source: pixabay.com
Penyebab Gigi Berlubang
  • Makanan dan Minuman Manis
Makanan dan minuman manis merupakan makanan yang paling banyak disukai orang, terutama anak – anak. Makanan manis tersebut seperti permen, gula – gula, coklat, minuman bersoda, dll. Apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman ini dapat beresiko mengalami gigi berlubang. Sebab, makanan manis seperti coklat dan permen dapat masuk pada celah gigi dan apabila tidak di sikat setelahnya maka dapat membuat gigi keropos dan akhirnya berlubang. Nah, untuk itulah sangat penting untuk mengajarkan anak sejak dini cara menyikat gigi yang baik dan benar supaya terhindar dari penyakit gigi, terutama gigi berlubang.

  • Jarang Menyikat Gigi
Jarang menyikat gigi juga beresiko mengalami gigi berlubang. Menyikat gigi yang baik adalah minimal dua kali sehari saat 15 menit setelah makan pagi dan ketika hendak tidur supaya bakteri dalam mulut serta sisa makanan di gigi dapat hilang. Apabila jarang menggosok gigi atau tidak pernah gosok gigi maka akan mengakibatkan gigi rapuh, mudah berlubang dan rusak permanen. Selain itu, di jauhi orang, sehingga membuat tidak percaya diri.

  • Salah Menyikat Gigi
Sekedar menyikat gigi merupakan kebiasaan yang salah. Sebab gigi perlu dibersihkan secara menyeluruh dan menurut penelitian menyikat gigi yang baik selama 1 – 2 menit lamanya. Selain itu perhatikan pula cara menyikat gigi yang benar, seperti dengan gerakan memutar – mutar, menggosok bagian dalam gigi dan mengerakkan sikat gigi ke atas ke bawah untuk mengeluarkan yang menyangkut pada sela – sela gigi. Perhatikan pula untuk tidak langsung menggosok gigi setelah mengkonsumsi makanan dan minuman, sebaiknya berkumur – kumur terlebih dahulu.

  • Sikat Gigi
Sikat gigi juga dapat memicu terjadinya masalah gigi berlubang. Kenapa bisa? Bisa, sebab sikat gigi yang tidak cocok dan kurang nyaman dipakai membuat penggunanya sulit untuk menggunakannya serta sulit untuk menjangkau bagian dalam gigi, seperti gigi geraham. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan sikat gigi yang mudah menjangkau bagian gigi yang dalam dan nyaman. Hindari pula penggunaan sikat gigi secara bergantian, sebab penggunaan sikat gigi bergantian dengan orang lain / keluarga dapat dijadikan media penyakit untuk menyebar. Sikat gigi yang tidak terawat kebersihannya juga dapat menjadi tempat yang baik untuk tumbuhnya kuman dan bakteri penyebab penyakit.


Itulah tadi penyebab kenapa dapat terjadi gigi berlubang, lalu sekarang bagaimana cara mengatasi gigi terlanjur berlubang? Simak jawabannya berikut ini!


Tips Mengobati Sakit Gigi Berlubang 

  • Rajin Sikat Gigi
Kebiasaan rajin membersihkan gigi dengan cara rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari setelah makan dan sebelum tidur menjadi langkah pertama untuk mengurangi resiko gigi berlubang. So, jangan malas untuk menyikat gigi demi kesehatan.

  • Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh selain dapat dijadikan sebagai obat batuk, ternyata juga dapat dijadikan obat gigi berlubang. Caranya, makan belimbing wuluh bersama garam secukupnya pada bagian gigi yang berlubang sampai agak mendingan.

  • Jeruk Nipis
Jeruk nipis bisa membantu untuk mengatasi gigi berlubang supaya terhindar dari sakit gigi. Caranya, belah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras dalam sendok. Kemudian teteskan setiap 10 menit sekali pada gigi yang berlubang hingga air perasan habis. Kenapa menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi gigi berlubang? Sebab, jeruk nipis mengandung vitamin C yang cukup tinggi sehingga mampu menjadi sebuah anti bakteri yang dapat meredakan sakit gigi.

  • Garam Dapur
Garam dapur ternyata dapat dijadikan sebagai obat untuk mengatasi rasa ngilu akibat gigi berlubang. Sebab dalam garam dapur memiliki jumlah yodium yang cukup tinggi. Caranya, larutkan garam dapur secukupnya dengan segelas air, lalu gunakan untuk berkumur hingga rasa ngilu agak mendingan.

  • Bawang Putih
Bawang putih merupakan jenis bumbu dapur yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, salah satunya dapat mengatasi rasa sakit akibat gigi berlubang. Caranya, tumbuk satu siung bawang putih hingga halus dan tambahkan sedikit garam. Kemudian oleskan pada gigi berlubang secara rutin hingga sakit pada gigi mereda.

  • Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh memiliki sifat anti bakteri, anti radang, anestesi dan antioksidan di dalamnya, sehingga mampu mengatasi rasa sakit karena gigi berlubang. Caranya, celupkan kapas dalam minyak cengkeh, kemudian tempelkan pada gigi yang berlubang. Biarkan sampai sakit giginya agak mendingan dan gunakan minyak cengkeh untuk berkumur dengan cara melarutkan minyak cengkeh dengan segelas air.

  • Bawang Merah
Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga dapat digunakan sebagai obat gigi berlubang, sebab adanya sifat anti bakteri dan antiseptik di dalamnya. Cara menggunakannya dengan mengunyah bawang merah mentah sampai halus pada gigi berlubang hingga sakit gigi reda selama beberapa menit. Ada pula cara lainnya apabila tidak tahan dengan rasa bawang merah yang aneh di mulut. Caranya bisa dengan menggosokkan bawang merah pada gigi berlubang.

  • Merica
Caranya, siapkan merica dan garam dengan perbandingan 1 : 1, lalu haluskan serta tambahkan sedikit air sampai berbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada gigi berlubang dan biarkan selama beberapa menit. Lakukan cara ini secara rutin hingga sakit gigi reda.

  • Daun Jambu Biji
Daun jambu biji biasanya terkenal dengan manfaatnya untuk mengobati diare atau gangguan pencernaan. Namun kali ini daun jambu biji ternyata dapat dijadikan obat untuk mengatasi sakit akibat gigi berlubang. Caranya, siapkan 4 – 5 lembar daun jambu biji yang masih segar, lalu cuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan air secukupnya hingga mendidih dan didapatkan satu gelas. Saring dan gunakan untuk berkumur setelah dingin. Bisa juga dengan cara mengunyah daun jambu biji pada bagian yang sakit hingga agak mendingan.


Nah, demikianlah tadi penyebab & cara mengatasi gigi berlubang dengan cara alami. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu rajin menggosok gigi ya!
Advertisement

Artikel Lainnya :-D