Cara Mengatasi Alergi Udang Secara Alami

Hipersensitivitas atau alergi merupakan bentuk dari reaksi sistem kekebalan tubuh terhadap segala sesuatunya yang dianggap berbahaya. Pemicu adanya alergi itu disebut dengan alargen, seperti alergi debu, alergi dingin, alergi obat-obatan, alergi dingin dan yang sering dijumpai adalah alergi makanan salah satunya adalah alergi udang.

Ada beberapa gejala yang muncul ketika alergi seperti ruam merah pada kulit, warna di area sekitar mata, pembengkakan pada bagian tubuh, bersin-bersin, gatal-gatal, hingga sesak nafas. Berdasarkan tingkat keparahannya, setiap penderitanya mempunyai tingkat keparahan yang berbeda-beda dari yang bisa diatasi dengan cara alami bahkan ada yang membutuhkan pertolongan medis. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi alergi udang secara alami.
 
1.    Madu

Cara mengatasi alergi udang secara alami
Image Source: pixabay.com
Madu dapat dimanfaatkan untuk mengatasi alergi udang karena kandungan beberapa vitamin di dalamnya. Kandungan tersebut mempunyai kemampuan untuk meringankan rasa gatal pada kulit yaitu dengan mencampurkan 1 sendok madu murni dengan segelas air hangat.

2.    Jeruk Nipis atau Lemon

Jeruk nipis dan lemon mempunyai kandungan yang berguna untuk meringankan ruam pada kulit saat terkena alergi. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya mempunyai kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cara pembuatannya pun juga cukup mudah yaitu dengan mencampurkan perasan air jeruk nipis atau perasan air lemon dengan segelas air hangat.

3.    Jahe

Selain mempunyai rasa yang nikmat, wedang jahe juga berguna untuk mengatasi gatal dan ruam pada kulit akibat alergi udang ataupun makanan laut lainnya. Cara pembuatannya juga cenderung mudah, yaitu dengan menggeprek beberapa ruas jahe, kemudian memasukkannya ke dalam air hangat dengan ditambahkan gula atau madu untuk mendapatkan rasa manis.

4.    Mengkonsumsi Vitamin E

Mengkonsumsi makanan atau vitamin E juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi alergi udang secara alami. Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang mempunyai sifat anti-alargen sehingga berguna untuk mengatasi dan mencegah alergi. Sumber makanan terbaik yang mengandung vitamin E diantaranya adalah kacang almond, biji-bijian, mangga, kiwi, tomat, cabai merah, alpukat, brokoli, gandum, pepaya, dan kacang.

Jika beberapa cara alami tersebut tidak berhasil untuk meredakan alergi, segeralah memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. (Baca juga: Cara Mudah dan Alami Mengatasi Diare)
Advertisement

Artikel Lainnya :-D