Cara Mudah dan Alami Mengatasi Diare


Diare merupakan masalah pencernaan yang umum diderita sebagian besar orang. Diare ditandai dengan frekuensi buang air besar yang lebih sering dengan fesses yang lebih encer. Pada umumnya diare akan berlangsung dalam beberapa hari, namun apabila diare berlangsung sampai berminggu-minggu kemungkinan ada tanda gangguan serius seperti penyakit radang usus. Meskipun bukan masalah yang serius, diare dapat menganggu aktivitas sehari-hari karena harus bolak-balik ke toilet. Tetapi dengan melakukan penanganan yang tepat, diare dapat diatasi dengan cara yang mudah.


1. Perbanyak Minum Cairan

Ketika sedang mengalami diare, efek yang sering muncul adalah dehidrasi dimana tubuh kehilangan banyak cairan dan garam. Oleh karena itu konsumsilah banyak cairan seperti jus, sup, air putih atau larutan gula garam. 
Cara alami mengatasi diare 
2. Hindari Produk Susu

Sebaiknya hindari mengkonsumsi produk susu saat mengalami diare karena produk olahan susu seperti susu dan keju mengandung lemak serta asam yang tidak dapat dicerna secara optimal.

3. Makan Makanan yang Mudah Dicerna

Makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat diare adalah makanan semi padat dan rendah lemak seperti sereal, kentang rebus, nasi, wortel, pisang dan apel. Selain itu, disarankan juga untuk mengkonsumsi blueberry karena di dalamnya terdapat kandungan antibakteri, antioksidan dan tannin yang ampuh mengobati diare.

4. Hindari Makanan Tertentu

Ada beberapa makanan tertentu yang harus dihindari saat sedang diare, diantaranya adalah makanan berlemak, makanan pedas dan makanan berserat tinggi. Semua jenis makanan tersebut akan memperburuk kondisi sistem pencernaan.

5. Prebiotik

Prebiotik merupakan bakteri baik yang banyak ditemukan di dalam yogurt. Prebiotik berguna untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat yang terdapat di dalam perut karena dapat membantu memproduksi asam laktat di usus, sehingga sangat disarankan untuk mengkonsumsi yogurt.

Selain dengan mengkonsumsi makanan, cara tersebut juga berguna untuk mengurangi dan mengatasi diare.  (Baca Juga: Cara Tradisional Mengobati Perut Kembung dengan Bahan Alami)


Advertisement

Artikel Lainnya :-D